Wakili Sumbar, 2 Atlet Kempo Sawahlunto Optimis Raih Emas PON Papua XX 2021 -->

Wakili Sumbar, 2 Atlet Kempo Sawahlunto Optimis Raih Emas PON Papua XX 2021

Senin, 16 Agustus 2021

Ari Pramanto (kanan) dan Andi Saputra, dua atlet Perkemi Kota Sawahlunto mewakili Sumbar pada PON XX Papua 2021.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Selamat berjuang Patriot Olahraga Kota Sawahlunto mewakili Sumatera Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Sebanyak 9 atlet dan 4 pelatih mengikuti PON XX di Papua untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat.


Empat pelatih dari Sawahlunto itu yakni, Aspil (FPTI), Irmai Hendri (Pencak Silat), Novriadi Chandra (Tarung Derajat), Engga Randa Putra (Cricket). 


Kemudian untuk 8 atlet, Muswar Iwan Samurai (PABSI), Ari Pramanto (Kempo), Andi Saputra (Kempo), Nita Seprida (FPTI), Vebi Sesmita Husna (Tarung Derajat), Daniel (IMI), M. Latief (Aero Sport), Ridhan (Pencak Silat), Dedek Saputra (Cricket). 


Dua orang atlet Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Sawahlunto mengikuti PON XX Papua 2021. Ari Pramanto (33), Randori (Tarung Bebas) kelas 70 Putra, Peraih Medali Perak PON 2012 dan PON 2016 serta ini menjadi PON Ketiga baginya. Andi Saputra (29), Randori kelas 60 Putra, peraih Medali Emas Proprov, 2010, 2012, 2014, 2016, 2018. Ini akan menjadi PON pertama baginya.


Dari tiga atlet Sumatera Barat yang mewakili Perkemi, dua diantaranya adalah Atlet Sawahlunto untuk PON XX Papua 2021. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kota Sawahlunto dalam dunia olahraga beladiri yang mewakili Sumbar.


Kedua Atlet yang sekarang menjadi honor kontrak di lingkungan Dinas Perhubungan (Dishub) Sawahlunto Ari dari 2010 dan Andi 2016 menyampaikan bahwa menurut undang-undang olahraga jika mendapatkan emas akan dijadikan Pegawai Negeri Sipil (PNS), keduanya mengharapkan janji tersebut dapat dipenuhi.


"Target kita Emas, untuk tarung PON XX Papua 2021 yang mewakili Sumbar nanti, Dua Putra dari Sawahlunto dan Satu Putri dari Payakumbuh. Kita berharap perhatian pemerintah atas apa yang disebutkan oleh undang-undang olahraga", imbuh Ari saat diskusi dengan fajarsumbar.com di depan Lapangan Segitiga, Sabtu 14 Agustus 2021.


Ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan, sehingga Pemerintah Kota Sawahlunto menyerahkan bantuan dukungan kepada atlet dan pelatih secara simbolis di Sekretariat KONI.


Dukungan diberikan dalam bentuk bantuan berupa uang sejumlah Rp5 juta/orang. "Mungkin bantuan ini tidak besar dan belum mencukupi semua kebutuhan, namun setidaknya bisa meringankan berbagai biaya dan memberikan motivasi," tulis Walikota Sawahlunto Deri Asta pada laman resmi Facebook pribadinya.


Walikota Sawahlunto berpesan pada para atlit dan pelatih, untuk dapat menjaga profesionalitas dan kesehatan serta jangan lupa dalam berlaga agar tetap menjaga sportifitas. 


"Terimakasih kami sampaikan pada para atlet dan pelatih tersebut yang telah berpartisipasi dalam memberikan prestasi yang membanggakan bagi Sawahlunto," tulisnya lagi.


Pelepasan dan pemberian bantuan untuk pelatih dan atlet tersebut didampingi Ketua DPRD Eka Wahyu, Ketua Kodrat (Keluarga Olahraga Tarung Derajat)  Sawahlunto Ismed, Kepala Disparpora, Nova Erizon, Ketua KONI Muryanto hingga Kabid dan Kasi di Disparpora serta jajaran pengurus KONI Sawahlunto.


Terpisah, Ketua Umum Cabang Olahraga Perkemi Kota Sawahlunto Jhon Reflita, Wakil Ketua Al Mahdi dan Sekretaris Umum Mai Efendi juga memberikan support penuh baik moril maupun materil kepada kedua atletnya untuk memboyong pulang emas dari PON XX Papua 2021. (ton)