11 Mahasiswa Dapat Bantuan Pendidikan Untuk Kuliah ke Negara Timur Tengah -->

Iklan Atas

11 Mahasiswa Dapat Bantuan Pendidikan Untuk Kuliah ke Negara Timur Tengah

Kamis, 23 September 2021

 

Bupati Eka Putra serahkan bantuan pendidikan kepada mahasiswa yang akan kuliah ke negara Timur Tengah, di Gedung Indo Jalito, Rabu (22/9) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE menyerahkan Bantuan Pendidikan kepada Putra dan Putri asal Tanah Datar untuk melanjutkan pendidikan ke beberapa Negara di Timur Tengah, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (22/9/21) sore. 


Bupati sampaikan selamat dan apresiasi, dan juga berharap bantuan yang diberikan bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. "Bantuan dari Baznas sebesar Rp110 Juta untuk 11 Mahasiswa yang berasal dari zakat ASN di Tanah Datar ini tentunya belum bisa memenuhi semua kebutuhan anak-anak kita, maka pergunakanlah untuk kebutuhan prioritas yang terpenting dahulu," sampainya. 


Lebih lanjut Eka Putra menyampaikan dukungan dan apresiasi atas program yang digagas Baznas Tanah Datar. "Program ini sejalan dengan visi dan misi Tanah Datar 2021-2026, yakni menjadikan Tanah Datar madani untuk meningkatkan kehidupan beragama, beradat dan berbudaya," ujarnya. 


Bupati juga mengungkapkan, Pemerintah Daerah Tanah Datar di bidang Pendidikan sudah membantu biaya masuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang lulus perguruan tinggi negeri. "Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk Perguruan Tinggi dengan alasan biaya, dan Alhamdulillah Baznas juga mendukungnya dengan salah satu programnya seperti hari ini," kata Eka. 


Diakhir sambutannya Bupati berharap ASN Tanah Datar untuk menyalurkan zakatnya kepada Baznas. "Mari kita dukung berbagai program Baznas Tanah Datar untuk kemaslahatan masyarakat kita dengan menyalurkan zakat, infak dan sedakah di Baznas," pungkas Eka. 


Sebelumnya Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan, bantuan dinamakan Program Tanah Datar Cerdas. Salah satu program Baznas yang sejalan dan juga sebagai bentuk dukungan kepada visi dan misi Tanah Datar di bidang pendidikan. 


Dikatakan Yasmansyah, bantuan yang diserahkan kepada 11 Mahasiswa untuk kuliah di beberapa Negara di Timur Tengah, masing-masing sebesar Rp10 Juta. "Untuk bantuan yang diserahkan ini berasal dari zakat ASN dan masyarakat lainnya kepada 11 Mahasiswa untuk kuliah di Turki, Yaman dan Mesir," tukasnya. 


Adapun 11 mahasiswa tersebut adalah Najwatul Khairat Jamal di Sakarya University Turkey, Muhammad Fauzan di Al Azhar Kairo Mesir, M. Ihsan Baihaqi di Al Azhar Kairo Mesir, Nadila Manda Putri di Ankara Turkey, Bhima Lharienza di Partin University, Muhammad Faiz Alfhyri di Sivas Cumhuriyet University Turkey. 


Selanjutnya, Olga Farras Zahra di Al Azhar Kairo Mesir, Muhammad Abrar di Partin University, Syefriani di Marqaz Tarim Fiqih University, Muhammad Faruq Al Jundi di Kutahya Dumlupinar University Turkey dan Ridwan Zuhdi Ramadhan di Giresun University Turkey.


Acara ini turut dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kabag Kesra Dadan, Kemenag Tanah Datar, Pengurus Baznas, dan para orang tua mahasiswa yang akan mendapatkan bantuan. (fdy)