40 Pemandu Wisata Budaya Dilatih -->

Iklan Atas

40 Pemandu Wisata Budaya Dilatih

Kamis, 02 September 2021


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Padang Panjang menggelar pelatihan pemandu wisata budaya di salah satu hotel di Kelurahan Silaing Bawah, Kamis (2/9). 


Kegiatan ini biayai Dana Alokasi Khusus (DAK) non-fisik Kementerian  Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 


“Pada tahun 2020 kami memberikan beberapa usulan kegiatan pelatihan kepada Kemenparekraf. Hasilnya, tahun ini kami menerima DAK kurang lebih sebesar Rp600 juta untuk melakukan pelatihan kepariwisataan sebanyak tujuh kali kegiatan,” kata Kepala Disporapar, Drs. Maiharman.


Menurutnya kegiatan ini guna meningkatkan pelayanan kepariwisataan. Semua peserta dan tamu diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan juga dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan acara,” sebutnya. 


Pelatihan diselenggarakan selama tiga hari. Dua hari pertama diisi dengan pemberian materi kepada peserta. Di hari ketiga dilakukan kunjungan lapangan ke salah satu objek wisata religi yang ada di Sumatra Barat. 


“Direncanakan makam Syech Burhanuddin di Ulakan, Padang Pariaman menjadi salah satu objek yang akan dikunjungi,” jelanya.


Maiharman menjelaskan, kegiatan pelatihan pemandu wisata ini terdiri dari 40 peserta yang merupakan perwakilan dari unsur desa wisata, organisasi generasi muda, perwakilan Diniyyah Puteri, Thawalib, Muhammadiyah, SMPN 1  dan pemandu-pemandu wisata yang sudah sering melakukan kegiatan. 


“Setelah pelatihan  peserta diharapkan bisa menjadi pemandu wisata yang ada di Padang Panjang. Bisa menjual dan menginformasikan destinasi wisata di Kota Padang Panjang,” harapnya.


Penyampaian materi hari pertama seusai acara pembukaan diisi Pamong Budaya Madya Bidang Permuseuman, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat, Novianty Awaludin. (syam)