Akmalu Kepala SMAN 3 Solsel Terpilih Jadi Kepsek Penggerak -->

Akmalu Kepala SMAN 3 Solsel Terpilih Jadi Kepsek Penggerak

Selasa, 28 September 2021

 

Kepala SMAN 3 Solsel, Akmalu Rijal Putra


Solsel, fajarsumbar.com - Akmalu Rijal Putra kepala SMAN 3, Solok Selatan masuk dalam daftar kepala sekolah penggerak yang digelar oleh Dinas Provinsi Sumbar.


Sekolah penggerak ini baru dilakukan di Kabupaten Solok Selatan dan itupun permintaan kepala daerah sendiri, malahan Bupati Solok Selatanpun sudah menandatangi MoU  ini dengan Dinas Pendidikan Provinsi.


Sekolah penggerak baru tahun ini dilakukan di Solok Selatan, dan itupun berkat permintaan kepala daerah melalui proposal ke Kementerian Pendidikan.


Sebenarnya sekolah penggerak ini banyak persyaratan dan penilaian yang harus dilalui, jika sekolah atau daerah itu sanggup maka program  ini sangat bagus untuk daerah itu sendiri.


Ada daerah yang tidak mau mengirim sekolahnya untuk program ini, mengingat banyaknya persyaratan yang mungkin menurut mereka merugikan pihak sekolah.


Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra, saat fajarsumbar.com bertandang kesekolahnya, Selasa (28/9/2021), lebih detail menjelaskan.


Persyaratan yang harus dilalui adalah selama empat tahun kepala sekolah tidak boleh mengajukan pindah ke sekolah lain. Begitu juga sebaliknya jika masih  dalam evaluasi atau penilaian kepala sekolah tersebut, dipindah tugaskan oleh pimpinan, ternyata kepala sekolah tersebut lulus verifikasi menjadi kepala sekolah penggerak, maka kepala sekolah tersebut, harus menjadi kepala sekolah penggerak di tempat yang baru, bukan di sekolahnya yang lama.


"Pada dasarnya penilaian sekolah penggerak ini bukan berdasarkan prestasi sekolah, tetapi berdasarkan prestasi kepala sekolahnya," jelas Akmalu. (Abg)