Bupati Suhatri Bur Minta Agar Camat Geliatkan UMKM di Kecamatan -->

Iklan Atas

Bupati Suhatri Bur Minta Agar Camat Geliatkan UMKM di Kecamatan

Jumat, 24 September 2021

 


Sintuk, fajarsumbar.com- Good Governance adalah suatu peyelegaraan manajemen pembangunan yang bertanggung jawab sejalan dengan prinsip demokrasi, penghindaran salah alokasi dana investasi. Dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun secara administratif.


Sedangkan Clean goverment itu pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dalam versi World Bank, Pemerintahan yang bersih (clean goverment) adalah penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien.


Good Governance dan Clean goverment disampaikan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE., MM. dalam Rakor Camat Se-Kabupaten Padang Pariaman di Aula Kantor Camat Sintuk Toboh Gadang, Kamis (23/o9/21).


Good Governance dan Clean goverment itu, kata dia, sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan menuju Padang Pariaman Berjaya.


Ia menyatakan Padang Pariaman Berjaya adalah Padang Pariaman yang unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya. Unggul berkelanjutan di semua bidang yang tidak saja bidang pendidikan. Juga ekonomi, agama, infrastruktur, serta bidang lainnya. Religius meningkatkan ketaqwaan dan kerukunan umat beragama, masyarakat yang sejahtera dan menjaga keragaman budaya.


Menurut Suhatri Bur, keberhasilan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan program kerja pada OPD terkait,  tidak akan bisa diraih dan berjalan maksimal tanpa bantuan, kerja keras dan peran aktif dari Camat dan Ketua Tim penggerak PKK di seluruh Kecamatan.


"Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan memegang peranan strategis dalam pencapaian prestasi daerah" tegas dia.


Bupati berpesan kepada seluruh Camat agar berusaha untuk meningkatkan  PDRB. Hal demikian akan berdampak kepada peningkatan Income perkapita daerah kita.


"Setelah setahun lebih melewati masa sulit Pandemi Covid-19, banyak UMKM kita mulai menggeliat, berkembang dan hidup kembali setelah sebelumnya UMKM redup dan mati suri. Untuk itu, saya ingin kepada camat sebagai pimpinan wilayah coba tingkatkan peran kecamatan dan nagari dalam usaha untuk menghidupkan kembali UMKM. Kita sudah punya outlet Dekranasda yang bisa dijadikan pasar produk UMKM kita, hal butuh support dari Camat" harap Bupati


Selain menghidupkan kembali UMKM, Bupati juga memberikan perhatian lebih kepada kebersihan lingkungan di seluruh kecamatan dengan meningkatkan peran masyarakat.


"Tingkatkan peran masyarakat dalam pelaksanaan gotong royong untuk kebersihan lingkungan. Kalau lingkungannya sudah bersih, enak dipandang, maka kesehatan masyarakat juga akan terjaga" ujar Suhatri Bur


Rakor Camat se-Kabupaten Padang Pariaman juga dihadiri oleh beberapa OPD antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perikanan dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (r-saco)