Dian Fadly Apresiasi Pos Gizi Ampek Jurai -->

IKLAN ATAS

Dian Fadly Apresiasi Pos Gizi Ampek Jurai

Jumat, 17 September 2021
Pos Gizi Ampek Jurai, Ekor Lubuk ketika dikunjungi TP-PKK Padang Panjang, Jumat (17/9).


Padang Panjang - Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP mengapresiasi langkah yang dilakukan Pos Gizi Ampek Jurai UPTD Puskesmas Gunung yang berada di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur.


"Saya mengapresiasi Pos Gizi ini, khususnya para kader dalam penanggulangan balita gizi buruk dan balita stunting,” ucapnya saat berkunjung bersama anggota Komisi II DPRD, Puji Astuti, A.Md dan rombongan ke Pos Gizi itu, Jumat (17/9). 


Dokter Dian mengatakan, upaya perbaikan gizi bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perorangan dan masyarakat. Antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan. 


Dengan adanya Pos Gizi ini, Dian berharap ibu-ibu sasaran yang hadir dapat mengambil ilmu, apa gizi yang terbaik untuk dikonsumsianak-anak. 


“Anak-anak (balita) itu yang paling penting pada 1.000 hari pertama kehidupan, dari dalam kandungan sampai usianya dua tahun. Jadi gizi anak sehat itu harus dijaga pada 1 000 hari pertama kehidupan,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua Pelaksana Pos Gizi, Weni Sartika menjelaskan, pelaksanaan Pos Gizi Ampek Jurai ini diikuti 12 anak selama 10 hari pada 8-17 September ini. 


“Kegiatan Pos Gizi ini rutin dilaksanakan sejak terbentuk pada tahun 2018 lalu. Dan untuk kegiatan kali ini merupakan putaran yang ke delapan selama 10 hari, yang dimulai pada 8 September sampai dengan hari ini.  Berkat dukungan dari kita semua, alhamdulillah berjalan lancar.” jelasnya.


Weni mengatakan, pada kegiatan kali ini, selain balita yang kurang gizi, juga ikut serta balita yang mengalami stunting. Karena selain untuk menanggulangi gizi buruk juga untuk penanganan stunting. Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan ini terkait seputar kesehatan dan tumbuh kembang balita.  


Kegiatan ini, katanya lagi, juga diisi kegiatan pengembangan otak balita melalui kegiatan permainan edukasi. 


“Kegiatan ini bertujuan agar para anak-anak balita di Kota Padang Panjang, khususnya dalam lingkup wilayah kerja UPTD Puskesmas Gunung dapat terbebas dari gizi buruk dan stunting. Karena selain pemberian makanan tambahan (PMT), dalam kegiatan ini juga disampaikan tentang gizi dan kesehatan tumbuh kembang anak kepada orang tua balita peserta pos gizi,” tuturnya. (syam)