Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Gencar Lakukan Program Konseling Remaja -->

IKLAN ATAS

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Gencar Lakukan Program Konseling Remaja

Jumat, 17 September 2021
Dra, Rina Defira EP MM, Kepala Dinas pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung.


Sijunjung - Dinas pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung gencar melakukan Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau yang lebih dikenal dengan Pusat Informasi dan Konseling Remaja

(PIK-R) suatu wadah kegiatan PKBR (Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi Remaja, sekaligus menghindari pernikahan muda atau dibawa umur, kata Dra, Rina Defira EP MM, ke fajarsumbar.com Jumat (17/9/2021) di ruangannya.


Dikatakannya, PIK-R ini ada dua jalur seperti untuk di Sekolah dan jalur masyarakat. Untuk jalur di Sekolah kita bekerja sama dengan guru bimbingan konseling Sekolah, tujuannya agar mereka di sekolah bisa saling berbagi dan bisa sama sama memecahkan masalah yang ada meskipun ini agak berat dari keterbukaan masalah yang mereka hadapi namun tetap kita dorong dan rangkul agar bisa bersama sama bisa di carikan solusi.


sedangkan di jalur masyarakat ini bagi siswa Siswi yang sudah putus sekolah maupun yang sedang kuliah karena saat ini belajar masih daring ini dilakukan dengan cara kegiatan kegiatan yang ada di masyarakat/nagari nagari yang ada seperti Gotong royong, kegiatan remaja misjid dan pokdarwis, jadi mereka disibukan dengan kegiatan kegiatan tersebut, sehingga mereka tidak terbuang dengan waktu percuma dengan adanya kegiatan kegiatan itu. 


Adapun Tujuan umum dari PIK Remaja adalah untu, memberikan informasi PKBR, Pendewasaan Usia Perkawianan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling dan rujukan PKBR. Disamping itu, juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja untuk mencapai Tegar Remaja dalam rangka tegar Keluarga guna mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.


Saat ini jumlah PIK / R jalur masyarakat se Kabupaten Sijunjung sudah 27 kelompok, sedangkan yang jalur pendidikan/ sekolah 55 kelompok (def)