Dongkrak Mutu Pelayanan Publik, Lurah NDB Buka YANDU COGA -->

IKLAN ATAS

Dongkrak Mutu Pelayanan Publik, Lurah NDB Buka YANDU COGA

Selasa, 07 September 2021
Kantor Lurah NDB 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Upaya Pemko Payakumbuh untuk meningkatkan mutu pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Birokrasi Bersih Melayani semakin hari memperlihatkan hasil nyata. Bukan saja terlihat di Balai Kota Payakumbuh, tapi merbah hingga kelurahan. 


Setiap ada seremonial pelantikan pejabat serta rotasi dan mutasi ASN, Walikota Payakumbuh Riza Falepi selalu pesankan agar setiap kepala OPD wajib melahirkan inovasi pelayanan publik dalam segala hal. 


Pesan Walikota Payakumbuh tersebut mulai direalisasikan jajarannya, sebagaimana tampak diaplikasikan Lurah Nunang Daya Bangun (NDB), Ari Ashadi. 


Dengan dukungan jajarannya bersama masyarakat, Ari Ashadi semakin gesit membangun daerah kerjanya, ditengah cobaan pandemi covid-19. Disamping dirinya giat bersama tokoh masyarakat dalam sosialisasi penerapan Protokol kesehatan kepada masyarakat, Ari Ashadi juga giat menyalurkan bantuan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). 


Bersama tokoh masyarakat, di kelurahan Nunang Daya Bangun disamping ada organisasi perangkat kelurahan, disini mulai tumbuh persilatan, Remaja Mesjid Makmur. Terbaru Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mulai digagas guna menjaga keasrian wisata aliran sungai Batang Agam yang melintas di kelurahan ini. Jembatan Ibuh adalah salah satu wisata sejarah terdapat disini, lengkap dengan ruang terbuka hijaunya. 


Terkait layanan publik, Ari Ashadi saat diwawancarai, Senin (06/09/2021) sore menjelaskan bahwa kelurahan NDB sedang melakukan pembenahan, salah satunya menciptakan YANDU COGA. 


"Hadir untuk warga, Alhamdulillah, sedikit demi sedikit kita tapaki jalan setapak untuk kemajuan kelurahan Kita. Kita mencoba memodifikasi sisitim pelayanan cepat yang selama ini telah kita laksanakan. Tujuannya agar dapat membantu warga masyarakat sekalian dalam mengatasi keluhan demi keluhan terkait dengan Pelayanan Masyarakat,"terang Ari Ashadi. 


"Yakni, pelaYANan pengaDUan Cepat Optimal untuk warGA (YANDU COGA),"imbuh Ari Ashadi yang memiliki hobi jurnalis ini. 


Yandu Coga dirinya rilis untuk penataan pengaduan-pengaduan masyarakat agar lebih dioptimalkan dan teradministrasi dengan baik pula. Ari berharap inovasi ini perlu mendapat dukungan dari warganya serta unsur terkait. 


Pelayanan pengaduan cepat optimal untuk warga ini gratis. Memanfaatkan aplikasi WA dengan nomor 081261011917. Dengan format pengaduan, mencantumkan nama, alamat, keluhan, nomor HP. Bagi warga yang memanfaatkan aplikasi ini wajib melampirkan KTP dan KK. Karena aplikasi tersebut bertujuan untuk kepuasan warga. 


"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, YANDU COGA resmi kita luncurkan. Mari sama-sama warga masyarakat memanfaatkan produk inovasi kelurahan ini. Mudah-mudahan pelayanan untuk warga masyarakat kedepannya semakin dapat kami layani dengan baik,"ajaknya. 


Diakhir wawancara sore itu, Ari Ashadi juga mengajak warga bersyukur dengan menjaga pembangunan yang telah dijalankan di NDB. (Ul)