Gubernur Sumbar Minta Kendala Vaksinasi Dipetakan -->

Iklan Atas

Gubernur Sumbar Minta Kendala Vaksinasi Dipetakan

Selasa, 14 September 2021

  

Gubernur Mahyeldi rapat bersama forkopimda Sumbar.


Padang - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta kabupaten/kota memetakan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan capaian vaksinasi agar bisa dicarikan solusi bersama.


"Peningkatan capaian vaksinasi penting untuk mempercepat kekebalan komunal agar berbagai sektor bisa kembali normal. Kita carikan solusi bersama untuk kendala vaksinasi di daerah," katanya saat membuka Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi dengan Bupati/Wali Kota dan Forkopimda secara virtual dari Auditorium Gubernuran, Selasa 14 September 2021.


Gubernur mengatakan berdasarkan data hingga hari ini masih terdapat sekitar 300 ribu vaksin yang telah didistribusikan ke kabupaten/kota namun belum digunakan.


Sementara di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Sumbar juga masih tersedia 99 ribu dosis vaksin yang bisa didistribusikan segera jika ada kabupaten/kota yang kekurangan stok.  


"Kita berharap bupati dan wali kota terus mengupayakan peningkatan capaian vaksinasi di daerah," ujarnya.


Terkait kasus aktif Covid-19 di Sumbar, ia menyebutkan saat ini sudah mulai melandai demikian juga dengan angka kematian yang terus menurun sementara angka kesembuhan naik.


"Kasus yang meninggi itu terjadi pada Juni, Juli, Agustus 2021. Salah satu penyebabnya adalah salahnya perkiraan dalam pengaggaran. Diperkirakan kasus akan melandai pada 2021, ternyata meningkat sehingga anggaran yang direfocusing tidak sesuai dengan kebutuhan," katanya.


Sekarang dalam situasi dan kondisi yang mulai melandai kewaspadaan dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan pelaksanaan.


Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menambahkan, agar bupati/wali kota mendorong vaksinasi untuk pelajar SMP karena jumlah totalnya mencapai 500 ribu orang.


Ia menyebut untuk siswa SMA/SMK/SLB sudah diluncurkan program Gebyar Vaksinasi dengan sasaran 250 ribu siswa.


Sementara itu staf pengajar dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI-RSUP Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, SpP(K) mengatakan virus akan terus bermutasi dan muncul varian-varian baru.


"Kita harus tetap menjaga diri dengan mengikuti vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan agar bisa terhidar dari varian baru tersebut," ujarnya. (adpim)