Ini Sumbangsih Vera untuk Kesejahteraan Petani Padang Panjang -->

Iklan Atas

Ini Sumbangsih Vera untuk Kesejahteraan Petani Padang Panjang

Jumat, 24 September 2021
Vera Deswita, S.P,  seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang teripilih mewakili Kota Padang Panjang sebagai PPL berprestasi tingkat Sumbar.

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Terpilih menjadi wakil Kota Padang Panjang ke  tingkat Sumatera Barat sebagai Penyuluh Pertanian Berprestasi, Vera Deswita, S.P, terus berperan dalam menyejahterakan petani yang ada di kota berjuluk Serambi Mekah ini. 


Petani merupakan pekerjaan  mulia. Bertani memiliki pekerjaan lebih banyak daripada pekerjaan lain dan memiliki penghasilan musiman. 


Sektor pertanian perlu bertransformasi agar sistem pengolahan bisa dikelola secara intens.  Memaksimalkan lahan sebagai langkah transformasi, diharapkan petani memiliki penghasilan lebih baik. 


Dalam menyejahterakan petani, Vera terus melakukan transformasi yang sudah dilakukannya sedari tahun 2019, guna lebih baiknya ketersediaan pangan bagi masyarakat. 


Beberapa transformasi yang sudah dilakukan di antaranya rumah kompos, toko tani indonesia (TTI), hidroponik, dan lainnya. 


Berawal dari limbah organik kotoran kuda yang banyak dihasilkan di sekitar Bancah Laweh, warga sekitar memanfaatkan hal tersebut dengan membuat kompos yang dibutuhkan petani.

 

Dengan kerja keras yang menghasilkan manfaat ini, pemerintah daerah memberikan reward sebuah rumah kompos untuk bisa digunakan sebaik mungkin. 


Rumah kompos yang terletak di RT 12 Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur ini, dimanfaatkan Vera bersama kelompok pekerja rumah kompos mengelola dan mengolah kompos. Ini membantu  kelompok tani dalam memupuk tanaman mereka dan menghasilkan bahan makanan yang segar dan sehat. 


“Kita sangat terbantu dengan adanya rumah kompos . Bisa lebih kita manfaatkan untuk kelompok tani dalam mengolah lahan. Selain itu juga mengurangi sampah organik yang bertebaran dan membuat lingkungan menjadi kurang sehat,” ujar Vera, Jumat (24/9). 


Selain itu Vera bersama kelompok tani juga membuat hidroponik di halaman rumah warga yang tidak punya lahan kosong untuk menanam sayuran. 


Hasilnya juga bisa dijual di TTI yang berada di Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan). 


Vera juga tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan kepada kelompok tani untuk lebih bisa memanfaatkan teknologi yang terus berkembang di masa sekarang, untuk memajukan petani di Padang Panjang. 


Dalam memperingati Hari Tani Nasional, Kepala Dispangtan Padang Panjanh, Ade Nafrita Anas, MP sangat berterima kasih dengan adanya penyuluh pertanian berprestasi ini yang tanpa henti memberikan pendampingan teknologi budidaya sampai kepada pengolahan dan pemasaran hasil pertanian dan bisa membentuk kelompok-kelompok dan lembaga-lembaga ekonomi di masyarakat. 


“Kita berharap ini bisa menjadi motivasi untuk penyuluh pertanian lain dan bisa berprestasi pula. Bisa bekerja sesuai dengan tupoksi dan ada nilai inovatif dan kreativitas dalam melaksanakan tugasnya. Penyuluh berprestasi merupakan salah satu indikator kinerja dari penyuluh bahwa mereka sudah bisa mendampingi kelompok tani unutk melaksanakan budidaya, sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka,” tuturnya. (*/syam)