Kabupaten Solok, Daerah Pertama di Indonesia Lounching Program Sonar BNN -->

Kabupaten Solok, Daerah Pertama di Indonesia Lounching Program Sonar BNN

Jumat, 17 September 2021
Plh Sekda Edisar, SH, M. Hum


Kab.Solok - Disat belum ada kabupaten maupun kota di Indonesia yang me-lounching salah satu varian baru BNN (badan narkotika nasional) dalam memutus mata rantai peredaran narkoba di berbagai wilayah di Indonesia, kini Kabupaten Solok menjadi pilot proyeknya di Indonesia.


Begitu hal ini disampaikan Kepala BNN Kabupaten Solok AKBP Saifuddin Anshori, S.I.K dalam laporannya saat membuka lounching proyek perubahan Sonar (Solok Bersinar) di Ruang Solok Nan Indah Arosuka, Kamis (16/9/2021).


Saifuddin Anshori menyebut, proyek perubahan Sonar ini adalah salah satu visi BNN Kabupaten Solok dalam mendukung visi Pemkab Solok dalam “mambangkik batang tarandam” menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat.


"Program ini adalah salah satu varian yang BNN lakukan," ujarnya.


"Bukan hanya di Sumatra Barat tetapi program Sonar yang di lounching Kabupaten Solok ini adalah pilot projecknya Indonesia," imbuh AKBP Saifuddin Anshori, S.I.K.


AKBP Saifuddin Anshori berharap, dengan kekuatan bersama 74 Nagari di Kabupaten Solok proram Sonar ini akan sinarkan daerah Kabupaten Solok tahun 2020 – 2022.


Sekaitan hal itu, bupati Solok diwakili Plh Sekda Edisar, SH, M. Hum menyambut baik program BNN Kabupaten Solok tersebut.


Edisar mengatakan bahwa pemerintahan daerah akan mengajak semua, mulai dari nagari, polri, TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, bundo kanduang dan seluruh masyarakat di Kabupaten Solok untuk merapatkan barisan guna mencegah peredaran narkoba.


"Untuk itu Kabupaten Solok telah membentuk tim terpadu pencegahan dan pemberantasan penyalah-gunaan dan peredaran gelap narkoba dan perkusor (P4GN) Kabupaten Solok, sebagaimana intruksi presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN," ujar Plh Sekda Edisar.


Edisar mengimbau, terutama kepada Walinagari agar membentuk Nagari Bersinar (Bersih Narkoba), agar Kabupaten Solok bersih dari narkoba.


Dihadiri Forkopimda Kabupaten Solok, Walinagari, Camat se-Kabupaten Solok dan SKPD Lingkup Pemda Kabupaten Solok, lounching Sonar tersebut dilanjutkan dengan penanda-tanganan deklrasi bersama pelaksanaan program Solok Bersinar. (nr)