Kadis PMDN Buka Musrenbang Nagari VII Koto Talago -->

Kadis PMDN Buka Musrenbang Nagari VII Koto Talago

Kamis, 30 September 2021

Drs. A. Zuhdi Perama  Putra, M.Si


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Nagari Tujuah Koto Talago melaksanakan Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2021 di Aula Kantor Wali Nagari Tujuah Koto Talago, Rabu, (29/9/ 2021) . 


Hadir Bupati Lima Puluh Kota diwakili Kadis PMDN Kabupaten Lima Puluh Kota Drs. A. Zuhdi Perama  Putra, M.Si, Anggota DPRD Lima Puluh Kota, OPD terkait,  Camat Guguak Endra Amzar, SH, Forkopimca Kec.Guguak Wali Nagari Tujuah Koto Talago, Ketua Bamus Nagari Tujuah Koto Talago, Bundo Kanduang, Niniak Mamak, Perangkat Nagari, dan Tokoh Masyarakat Nagari Tujuah Koto Talago. 


Wali Nagari Tujuah Koto Talago Yon Hendri, S.S membuka secara resmi Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun  Anggaran 2021 dalam amanatnya menyampaikan bahwa Musrenbang Nagari merupakan agenda yang bertujuan untuk menyampaikan usulan-usulan dari masyarakat, untuk memajukan nagari baik dari sektor pertanian, ekonomi, pariwisata dan lainnya. Sesuai visi dan misi Bupati Lima Puluh Kota yaitu meningkatkan perekonomian, kebudayaan dan pariwisata. Maka dari itu, Bupati Lima Puluh Kota melakukan program menaikan atau meningkatkan pertanian jagung di Lima Puluh Kota ini. Karena kebutuhan jagung di Lima Puluh Kota termasuk tinggi bila dilihat dari pakan ternak. 


Selain sektor pertanian di Kabupaten Lima Puluh Kota Nagari Tujuah Koto Talago juga ditetapkan sebagai nagari sentral ikan gurame. Agar sentral ini terealisasi dengan baik maka setiap rumah masyarakat memiliki satu kolam ikan gurame. 


"Sebagai Wali Nagari Tujuah Koto Talago kita menerima dan melaksanakan apa yang sudah diberikan pemerintah." Ujar Yon Hendri. 


Sedangkan dari segi wisata akan dikembangkan wisata agro, contohnya di sepingai kenagarian Tujuah Koto Talago sudah didirikan wisata agro yaitu wisata agro durian. Dengan alasan peminat durian di dunia sangat banyak, bila dilihat dari negara penghasil durian terbanyak Indonesia termasuk di 4 negara yg menghasilkan durian terbanyak. 


Saat para perantau nagari Tujuah Koto Talago sedang mencanangkan pengembangkan wisata agro berupa Wisata Agro Kelapa Hibrida Pandan Wangi yang nantinya akan di tempatkan di Bukik Nian nagari Tujuah Koto Talago. 


Camat Guguak Endra Amzar, SH menghimbau  bahwa  kondisi saat ini  masih dalam masa pandemi Covid-19 tetap mematuhi prokes Covid-19, bahwa RKP sesuai dengan RPJM nagari. Camat berharap pada "tim RKP untuk menyertakan partisipasi dari seluruh masyarakat dalam Musrenbang Nagari. Dan diharapkan usulan-usulan dari masyarakat saat Musrenbang ini benar-benar dari apa yg dibutuhkan masyarakat dan Nagari Tujuah Koto Talago, agar bisa menjadi pembangkit  ekonomi bagi masyarakat nagari Tujuah Koto Talago". 


Terakhir Camat  menyampaikan pengajuan penentuan tapal batas Nagari Tujuah Koto Talago yang saat ini sudah dilampaui nagari lain. Tapal batas nagari tidak hanya diselesaikan dengan Niniak Mamak saja melainkan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku  untuk menentukan batas wilayah administrasi dan tidak menimbulkan konflik di daerah yang berbatasan.(ul)