KASN Sebut Pemko Padang Panjang Punya Komitmen Tinggi Terapkan Sistem Merit -->

Iklan Atas

KASN Sebut Pemko Padang Panjang Punya Komitmen Tinggi Terapkan Sistem Merit

Rabu, 29 September 2021

 

Septina Dwiputianti dari Komisi Aparatur Sipil Negara menerima plakat dari Asisten III Setdako Martoni di balaikota Padang Panjang, Rabu (29/9).


Padang Panjang, fajarsumbar.com Asisten Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah II Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Septina Dwiputianti menilai Kota Padang Panjang memiliki komitmen tinggi terhadap penerapan sistem merit. 


"Kami melihat banyak progres luar biasa yang telah diterapkan serta berpotensi cukup besar di Padang Panjang. Ini di luar dugaan kami," kata  Septina dalam kegiatan evaluasi penerapan Sistem Merit di lingkungan Pemko Padang Panjang, Rabu (29/9) di balaikota. 


Septina menambahkan,  pengembangan kompetensi di Padang Panjang bisa dilakukan kepada keseluruhan pegawai. Artinya, pengembangan kompetensi tidak hanya diperuntukkan pegawai berkompetensi rendah, tapi juga pegawai yang berpotensi menduduki jabatan lebih tinggi," katanya.


 Sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar, tanpa membedakan latar belakang politik, ras, agama dan lainnya.


Sebelumnya dijelaskan Asisten III Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, manajemen sumberdaya aparatur merupakan salah satu prioritas dan komitmen kerja kepala daerah  dalam menjunjung aspek profesionalisme. 


Pelaksanaan sistem merit, menjadi salah satu cara yang memungkinkan ketercapaiannya di Kota Padang Panjang.


Menurut Martoni, beberapa langkah konkret yang telah dilakukan Padang Panjang antara lain, pembentukan peraturan mengenai manajemen karier dan penyusunan SOP promosi dan mutasi. 


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rudy Suarman, A.P menambahkan, pemko optimistis dapat meraih predikat baik dalam penerapan sistem merit tahun ini. 


"Beberapa aspek yang sebelumnya tidak dipahami, kini telah menemukan titik terang mengenai langkah strategis penyempurnaannya," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, rombongan KASN berkesempatan mengunjungi Command Center yang ada di Balai Kota. Kabid E-Gov Dinas Kominfo, Ario Dian Pratama, ST menjelaskan,  di ruang kendali ini seluruh aplikasi terintegrasi dalam satu database. 


"Sistem pelayanan tiap OPD akan terintegrasi ke Dinas Kominfo melalui Command Center ini," jelasnya. (syam)