Kemenag Sumbar Apresiasi ANBK Mandiri di MA KMM Kauman Padang Panjang -->

Kemenag Sumbar Apresiasi ANBK Mandiri di MA KMM Kauman Padang Panjang

Kamis, 30 September 2021

Kepala MA KMM Kauman Padang Panjang, DR. Derliana mendampingi Kasi Kurikulum Pendidikan Madrasah Kemenag Sumbar, Afrizal meninjau pelaksanaan ANBK di Kauman.


Padang Panjang - Madrasah Aliyah Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri.


ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Pelaksanaan ANBK yang berlangsung selama dua hari hingga 30 September ditinjau Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Madrasah Kemenag Sumbar, Afrizal, Rabu (29/9).


Afrizal mengatakan, ANBK merupakan parameter dalam indikator potret pendidikan Indonesia, dengan melihat kualitas dari madrasah yang tersebar di Indonesia. Hasil dari ANBK ini nantinya akan dijadikan tahap awal perbaikan pendidikan di Indonesia. Ia juga memberikan apresiasi, dukungan serta motivasi kepada seluruh pihak madrasah maupun kepada siswa yang telah mengikuti ANBK di MA KMM Kauman Padang Panjang. 


"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak madrasah atas esensi, kerja sama serta kerja kerasnya sehingga pelaksanaan ANBK ini terlaksana dengan baik. Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada siswa-siswi atas antusiasnya dalam mengikuti ANBK mandiri ini," ujarnya.


Kepala MA KMM Kauman, Dr. Derliana mengatakan, pelaksanaan ANBK secara daring ini berjalan dengan lancar dan aman. Peserta ANBK sangat antusias hadir dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam asesmen tersebut.


"Untuk saat ini pelaksanaan asesmen berjalan dengan aman dan lancar. Kita berupaya kenyamanan dalam pelaksanaan dapat tercipta dengan berbagai mekanismenya. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar," tuturnya.


Menurut kepala madrasah terbaik nasional 2017 ini, pelaksanaan kegiatan ANBK dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Di antaranya siswa dan pengawas diwajibkan untuk menggunakan masker. Jarak tempat duduk antarsiswa juga disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. (syam)