Laboratorium Lingkungan Berbenah Tingkatkan Layanan -->

Laboratorium Lingkungan Berbenah Tingkatkan Layanan

Kamis, 16 September 2021

 

Seorang petugas labor UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang sedang melakukan pengujian.

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang bertekad terus meningkatkan layanan pengujian dan pemeriksaan air dan udara di lingkungan masyarakat.


Ditemui di tempat kerjanya, Kamis (16/9/21), Kepala UPTD, Jeff Raymon menyampaikan, saat ini mereka terus berbenah dan memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada di labor tersebut.


"Dengan peralatan dan tenaga seadanya, kami di sini tetap semangat dan akan terus tingkatkan layanan kepada masyarakat," katanya.


Dikatakannya, saat ini pihaknya dan rekan-rekan analis terjun ke lapangan untuk mengambil langsung sampel air sumur yang digunakan masyarakat.


"Kami langsung mengambil sampel ke rumah warga. Sampel tersebut akan duji di labor," sebutnya.


Berhubung labor saat ini belum memiliki akreditasi dalam mengeluarkan hasil sampel, kata Jeff, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan Balai Laboratorium Kesehatan Sumbar dan UPTD Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman.


"Setiap hasil yang kami periksa di sini, kami langsung serahkan kepada pihak Labor provinsi atau Labor Kota Pariaman untuk hasil ujinya. Karena kita masih belum memiliki akreditasi," tuturnya.


Selain itu, Raymon juga mengungkapkan, petugas yang ada di labor masi minim sekali. 


“Ahli-ahli untuk uji labor ini dan teknisi hingga saat ini tidak ada. Hanya ada tiga analis. Analis inilah yang mengambil sampel dan menguji hasilnya di labor," jelasnya. 


Raymon berharap, ke depan labor ini mendapatkan akreditasi dan bisa mengeluarkan hasil uji. (syam)