Lolos Seleksi, 45 MC MTQ Sumbar akan Dilatih -->

Iklan Atas

Lolos Seleksi, 45 MC MTQ Sumbar akan Dilatih

Kamis, 09 September 2021

 

45 Calon MC MTQ Sumbar lolos seleksi. Selanjutnya akan diberikan pelatihan.


Padang Panjang. Fajarsumbar.com - Sebanyak 45 peserta  yang lolos seleksi Master of Ceremony (MC) untuk MTQ Nasional XXXIX Tingkat Sumatra Barat, akan dibekali pelatihan agar makin prima saat memandu acara pada perhelatan akbar itu.


Salah seorang dewan juri, Muslimah, M.Ag seusai kegiatan seleksi hari kedua, Kamis (9/9/21), di  balaikota mengatakan, 90 peserta yang menjalani seleksi, telah menunjukkan kemampuan yang baik. Namun dalam prosesnya, dewan juri harus memutuskan 45 orang yang sesuai dengan kriteria.


Terkait pelatihan MC, kata Muslimah, akan dilaksanakan setelah keluarnya SK Pemko. 


"Pelatihan terdiri lima sesi. Tiga kali di pusat pelatihan secara bersama-sama dan dua kali di venue MTQ. 


Mereka langsung melakukan simulasi. Pelatihan dimulai  21 September nanti," ujarnya.


Para MC itu akan dikenalkan pada berbagai cabang MTQ, kemudian akan dibagi tugas sesuai kemampuan. 


"Kita akan latih membawa acara dan mengenal istilah bahasa Arab serta fashahahnya. Ini bukan MC umum, tapi lebih spesifik yang terbiasa akan lahjah bahasa Arab," ujarnya.


Kabag Kesejahteraan Rakyat Setdako, Ade Afdil, S.Pd.I Datuak Majo Indo mengatakan, 45 MC ini bakal memandu acara di 18 lokasi. Termasuk MC mimbar utama tilawah dewasa. 


"Di samping siap untuk MC, juga dsiapkan untuk saritilawah. Jadi yang mengukur nanti dari koordinator MC itu sendiri. Koordinatornya dari Kota Padang Panjang," katanya. (syam)