LPM Silaing Atas Optimis Juarai Lomba LPM Tingkat Provinsi -->

LPM Silaing Atas Optimis Juarai Lomba LPM Tingkat Provinsi

Rabu, 29 September 2021

Pengurus LPM Silaing Atas dan masyarakat setempat menyiapkan penilaian LPM Berprestasi  tingkat Sumbar tahun 2021.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat optimis juarai Lomba LPM Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021.


Usai dinobatkan sebagai LPM berprestasi tingkat kota, kini  tengah melakukan sejumlah persiapan untuk lomba LPM tingkat provinsi.


Ketua LPM Silaing Atas, Jonli Romel, S.TP mengatakan, penilaian tingkat provinsi nantinya akan lebih komplit dibanding penilaian ditingkat kota sebelumnya.


"Proses persiapan yang kami lakukan sampai  saat ini, sudah mencapai 90% untuk mencukupi semua indikator penilaian. Mulai dari profil, program dan inovasi, serta persiapan untuk kunjungan lapangan oleh tim dari provinsi," jelasnya.


Romel mengatakan, profil yang akan dikirim ke provinsi, pihaknya sudah menyiapkan beberapa program, yaitu program rutin seperti keikutsertaan LPM dalam musrenbang, dan LPM Peduli.


"Kami juga menyiapkan beberapa program inovasi, yaitu objek wisata Batu Limo, kelompok wanita tani, Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Peradaban SNC, Rumah Tahfiz LPM, MoU dengan Baznas dalam hal pembebasan tunggakan BPJS dan zakat, MoU dengan KUA dalam hal konseling agama dan keluarga, dan program pemberdayaan UMKM," paparnya.


Dalam persiapan tersebut LPM juga akan mengekpos keikutsertaan LPM dalam penangan Covid-19. Seperti pengawasan vaksinasi, pengawasan pembagian bantuan sosial, pendirian posko pengaduan Covid-19, dan juga ikut bergabung dalam Satgas Covid-19 Kelurahan.


"Dari semua program program tersebut, baik dari program rutin, program inovasi, dan program penanganan Covid-19, objek wisata Batu Limo nantinya akan lebih kita tonjolkan dan menjadi unggulan saat penilaian tingkat provinsi," ujarnya.


Dikatakan persiapan ini merupakan kerja keras dari seluruh pengurus LPM yang didukung aparatur Kelurahan Silaing Atas. "Untuk persiapan ini, selain dari pengurus dan juga kelurahan, kita juga akan mengadakan rapat dengan seluruh OPD terkait, melalui seketaris daerah demi mematangkan persiapan dan pencapaian target," jelasnya.


Dengan  persiapan yang dilakukan, Jonli berharap, LPM Silaiang Atas dapat menjuarai lombat tersebut. Dia juga berharap semua persiapan ini bisa berkelanjutan. Tidak hanya pada saat mengikuti lomba, sehingga keberadaan LPM bisa dirasakan seluruh masyarakat.


 Lurah Silaing Atas, Kovis Hendry Machdonal, S.Sos mendukung penuh persiapan LPM untuk mengikuti lomba ini. 


“Kami siap mendampingi LPM. Apapun yang bisa dilakukan, kami ikut serta. Aparatur kelurahan bersama dengan pengurus LPM dan juga masyarakat, ikut bergotong royong guna memberikan yang terbaik. Karena saat ini kita tidak hanya membawa nama LPM atau kelurahan saja, tetapi membawa nama Kota Padang Panjang ke tingkat provinsi,” sebutnya.


Kasi Tata Pemerintahan Kelurahan Silaing Atas, Beni Satria, S.Par menambahkan, lomba ini merupakan bagian dari warming up dan membentuk masyarakat dalam mengaplikasikan nilai-nilai positif. Di antaranya tetap dan selalu menjaga kebersihan lingkungan, hidup berpartisipasi atau bergotong royong sesama warga.


“Kita berharap semangat gotong royong, semangat kebersamaan dalam persiapan lomba ini, baik dari pengurus LPM, aparatur kelurahan, masyarakat dan juga pemerintah kota, bisa terus terjaga ke depannya," harapnya. (syam)