Mendikbudristek Nadiem Makarim Berikan Selamat pada Unand -->

IKLAN ATAS

Mendikbudristek Nadiem Makarim Berikan Selamat pada Unand

Senin, 13 September 2021
Nadiem Anwar Makarim


Padang, fajarsumbar.com  -  Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII Unand kali ini, memiliki momentum yang luar biasa bagi civitas, seiring telah memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang ke-13 dari PTN di Indonesia.


Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pada puncak Dies Natalis ke-6565 dan Lustrum XIII dan peluncuran PTN-BH Unand secara virtual di Gedung Convention Hall, Kampus Unand, Limau Manis Padang, Senin (13/9/2021).


Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim berikan selamat kepada Unand dan berharap agar ke depan Unand lebih banyak capaian program yang diraih, sehingga banyak pula tawaran kerja sama dengan industri dan meningkat jumlah mahasiswa yang menyelenggarakan masa depannya melalui Program Kampus Merdeka (PKM).


Terkait Unand telah berstatus PTN-BH, maka Kemendikbudristek memberikan kepercayaan yang penuh kepada Unand agar bisa mendidik dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkulitas dan bisa membawa Indonesia ini lebih maju ke depann.


Hal ini, jelas Nadiem, tentu pihak kampus agar lebih bisa mendorong kemampuan dan pengetahuan mahasiswa ke arah yang lebih baik dan bermutu.


Disisi lain Kemenristek menyakini, semua civitas Unand, sudah berupaya menjadi duta kampus merdeka, namun Unand bisa menciptakan lulusan akademisi yang unggul dan berdaya saing. "Dan juga Unand akan selalu berkolaborasi dengan otonomi yang di miliki sekarang,” sebut Nadiem.


Sementara Rektor Unand Prof. Yuliandri menyampaikan terkait, telah ditetapkannya Unand sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, pihaknya akan fokus mewujudkan visi menjadi universitas terkemuka dan bermartabat.


Pada periode 2020-2024 Unand akan fokus mewujudkan target peringkat 700 QS world university ranking, akreditasi internasional 15 persen dan atmosfer riset dan inovasi yang baik.


Saat ini Unand baru memiliki 126 program studi dan 91 persen terakreditasi A dan B versi BAN-PT dan LAM-PTKES, serta internasional yang terdiri atas 13 level doktor, 43 level magister, 47 level sarjana, 4 level Diploma III, 12 spesialis, dan 7 profesi, jelas Yuliandri.


Ketua pelaksana Lustrum XIII Unand, Insannul Kamil mengatakan, dalam Lustrum XIII ini, Unand menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari peluncuran PTN-BH Unand, lomba Digital Inovasi Mahasiswa Nasional.


“Kemudian, juga ada Pekan Andalas yang dibagi dalam lomba fotografi dan kompetensi nasional E-Sport, vaksinasi masal dan bakti sosial bibir sumbing,” ujarnya.


Insannul mengungkapkan, kegiatan ini berfungsi sebagai bentuk inisiator Unand dalam Indonesia maju berkelanjutan agar perguruan tinggi tersebut mampu menjadi agen perubahan yang lebih baik.


Puncak Diesnatali ke 65 dan Lustrum ke 13 dan Peluncuran PTN- BH Unand dengan tema, "Sebagai Penggerak Kalaborasi indonesia maju", ditandai dengan skrining tangan Rektor Unand Prof Yuliandri pada Layar Videotron.(Rdz)