Pameran Produk UMKM, Bupati Safaruddin: Strategi Pemasaran Produk -->

Pameran Produk UMKM, Bupati Safaruddin: Strategi Pemasaran Produk

Selasa, 28 September 2021

.


Lima Puluh Kota,-- Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Perdagangan,Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah terus memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai upaya mempercepat pembangunan ekonomi dan mengurangi angka penganguran. Pameran merupakan salahsatu cara dan strategi yang digunakan untuk menampilkan beberapa produk dan dipasarkan kepada masyarakat umum.

"Pameran ini salahasatu caranya. UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di daerah. Kita pemerintah daerah berkewajiban memberikan perhatian tumbuh dan berkembangnya lapangan usaha," Kata Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo usai menghadiri pameran produk UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota di Ciwalk Mall Bandung, Minggu (26/9/2021).
Dikatakan Safaruddin, pada masa pandemi Covid-19, UMKM yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota cukup terdampak secara ekonomi karena kurangnya minat beli dan akibat keterbatasan aktivitas untuk pemasaran produk yang ada.
"Tugas pemerintah daerah untuk mengangkat kembali produk-produk UMKM yang ada." kata Safaruddin.
Ditambahkannya, Pemkab Lima Puluh Kota dalam dukungan modal usaha bagi UMKM telah melakukan MoU dengan Bank Nagari untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pinjaman modal usaha sekaligus solusi bagi masyarakat untuk tidak meminjam kepada rentenir.
"Sektor-sektor produktif yang ada ditengah-tengah masyarakat perlu dijaga dengan baik. Sumber modal usaha dengan regulasi yang mudah hingga kepada bentuk pemasaran produk UMKM masyarakat." Tambah Safaruddin.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan,Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lima Puluh Kota, Ayu Mitria Fadri menyebutkan, sektor-sektor produktif koperasi dan UMKM menjadi prioritas kerja pada saat ini. Pemberdayaan dan pendampingan secara berkesinambungan sehingga setiap UMKM yang ada dapat memanfaatkan peluang pasar strategis dan berkelanjutan.
"Melalui dinas kita akan terus berkontribusi untuk UMKM yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Langkah, upaya dan strategi agar UMKM memberikan dampak baik kepada perekonomian masyarakat merupakan prioritas kerja kita," Tutup Ayu.(ul)