Pasar Nagari Sumanik Senilai 3 Milyar Lebih Dimulai Pembangunannya -->

Iklan Atas

Pasar Nagari Sumanik Senilai 3 Milyar Lebih Dimulai Pembangunannya

Rabu, 22 September 2021

 

Bupati Eka Putra meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Rabu (22/9) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pasar merupakan salah satu tempat utama perputaran roda perekonomian suatu daerah, oleh karena itu pasar menjadi penting bagi kemajuan ekonomi di daerah, bagi masyarakat kehadiran pasar sangat dibutuhkan terutama dalam kebersihan dan kenyamanannya. 


Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE sebelum meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Pasar Nagari Sumanik, di Pasar Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Rabu (22/9/21). 


Bupati harapkan, setelah pembangunannya selesai nanti, Pasar Nagari Sumanik bisa memberikan dampak positif bagi pelaku pasar. "Jangan ada yang ribut gara-gara rebutan kios atau lapak didalam pasar, kepada ninik mamak, KAN, dan pemerintah Nagari mari kita bersama-sama, sehingga semuanya berjalan aman dan lancar," pesan Bupati.


Dikesempatan itu Bupati Eka juga tidak lupa ucapkan terimakasih kepada semua unsur yang ada di Nagari, karena selama ini selalu bersinergi dan bermusyawarah dalam setiap keputusan yang diambil, sehingga tidak ada riak-riak kemelut yang terjadi di Nagari.


Sementara Kepala Dinas Koperindag Darfizal dalam laporannya sampaikan, proses pembangunan pasar Sumanik sudah dimulai sejak tahun 2020 yang lalu. Kita mengusulkan nama-nama pasar yang akan direhab atau dibangun melalui dana dari Kementerian Perdagangan melalui aplikasi SIPR. 


Ada 7 pasar yang kita usulkan untuk kita lakukan pembangunannya atau rehab, dari 42 jumlah pasar yang ada di Tanah Datar, ketujuh pasar yang diusulkan, memang harus dan perlu kita lakukan pembangunan/rehab secepatnya.


"Alhamdulillah dengan terbitnya Permendag nomor 41/2021, tentang penunjukan lokasi pembangunan pasar melalui Alokasi Dana TP Kementerian Perdagangan, Pasar Nagari Sumanik terpilih menjadi salah satu pasar yang ada di Sumatera Barat, yang akan dibangun dengan menggunakan Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI tahun 2021," terang Kadis Koperindag. 


Darfizal juga katakan, nantinya di Pasar Nagari Sumanik juga dibangun Mushalla, fasilitas kesehatan, kantor dan pos keamanan sebagai sarana pelengkap yang harus ada untuk setiap pasar tradisional di seluruh Indonesia.


"Pasar ini dirancang untuk pasar rakyat yang mengarah ke pasar modern. Pembangunan Pasar Nagari Sumanik ini akan dikerjakan oleh CV. Temika Jaya Utama, dengan anggaran sebesar 3 milyar lebih dan durasi kontrak kerja selama 97 hari kalender," pungkas Kadis Darfizal. 


Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Dt. Bungsu dan anggota DPRD lainnya Dedi Irawan, Nurhamdi Zahari, Beni Apero, Kepala OPD terkait, Camat Salimpaung Heru Rachman beserta Forkopimca, Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar, Wali Nagari se-Kecamatan Salimpaung, Ketua KAN, BPRN, Bundo Kanduang, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan Tokoh Masyarakat. (fdy)