Pemkab Sijunjung Dapat Kucuran Dana Rp1,7 Miliar untuk Daerah Trans -->

IKLAN ATAS

Pemkab Sijunjung Dapat Kucuran Dana Rp1,7 Miliar untuk Daerah Trans

Kamis, 09 September 2021

Djoko Ismarttanto, MM


Sijunjung, fajarsumbar.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung dapat kucuran dana Rp1,7 miliar dari Kemendes PDT dan Transmigrasi untuk pengembangan kawasan transmigrasi di Padang Tarok.  Hal itu tidak lepas dari koordinasi yang baik Bupati Benny Dwifa Yuswir S.STP.M.Si., ke pemerintahan pusat. 


Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sijunjung yang diwakili Kabid Transmigrasi, Djoko Ismarttanto, MM., kepada  fajarsumbar.com, Rabu (8/9/2021) di ruangan kerjanya mengatakan, dana Rp1,7 miliar tersebut diperuntukkan pembangunan fisik, pembukaan lahan dan memberdayakan warga trans.


Kegiatanya berupa satker tugas pembantuan Dirjen Pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi atau yang disebut PPK Trans. Adapun kegiatan tersebut untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan warga transmigrasi di Padang Tarok, Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung.


Adapun kegiatan kegiatan yang sedang berjalan saat ini seperti pembukaan lahan, dengan total anggaran Rp.840 juta, seperti untuk penebangan pohon, dan pembersihan lahan seluas 242 hektare.


Menurutnya, untuk pembangunan jembatan dua unit dengan total anggaran Rp360, juta, sepanjang 12 meter, dan proses lelangnya dilaksanakan di Kementerian PDT, melalui Pokja Pemilihan dua Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ).


Sedangkan untuk kegiatan peningkatan pembangunan masjid Rp200 juta, sudah selesai dilaksanakan, karena kegiatan proses lelangnya melalui Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Kabupaten Sijunjung. Artinya agak lebih cepat proses sehingga untuk pembangunan masjid sudah selesai.


Kegiatan lain yang bersifat pemberdayaan warga transmigrasi seperti pembinaan warga transmigrasi bidang ekonomi sosial dan budaya. Seperti untuk honor guru, kesehatan dan untuk dai, untuk operasional pustu di lokasi transmigrasi tersebut. (def)