Pertama di Indonesia, Basarnas Jalin MoU dengan Satpol PP Damkar -->

IKLAN ATAS

Pertama di Indonesia, Basarnas Jalin MoU dengan Satpol PP Damkar

Jumat, 10 September 2021

 

Memorandum off Unstanding (MoU) antara Satpol PP-Damkar Kota Padang Panjang dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas IIA Padang, Jumat (10/9/21).

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ini pertama di Indonesia, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas IIA Basarnas Padang menandatangani MoU dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kota Padang Panjang, Jumat (10/9/21) di Padang Panjang.


"Dari seluruh Kantor SAR di Indonesia, baru Kantor SAR Kelas IIA Padang yang melakukan kerja sama dengan Satpol-PP Damkar. Penandatanganan MoU ini mendapat persetujuan langsung oleh Basarnas Pusat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas IIA Padang, Asnedi, S.Sos, M.Si.


Kerja sama dengan Satpol PP Damkar Padang Panjang ini merupakan kerja sama dalam hal operasi dan juga kerja sama dalam pelatihan potensi. 


"Secara operasional, Kantor SAR Padang sudah lama menjalin kerja sama, namun hari ini bisa dituangkan secara tertulis dengan MoU yang sama-sama disepakati," tuturnya.


Kerja sama ini baru tahap awal, dan tidak menutup kemungkinan Basarnas akan melakukan perjajian kerja sama langsung dengan pemko yang juga melibatkan OPD-OPD terkait lainnya.


Sementara itu, Kepala Satpol PP Damkar, Drs. M. Albert Dwitra, MM yang juga didampingi Kabid Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat, Jhon Eriko ,S.Sos mengatakan, kerja sama ini salah satu bentuk kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, pencarian dan pertolongan.


"Selama ini, dengan keterbatasan yang ada di Padang Panjang kita bekerja sama dengan Basarnas untuk melengkapi dan memberikan pertolongan pertama dalam hal keselamatan masyarakat," sebutnya.


Kerja sama ini, kata Albert, juga dalam hal pengembangan potensi SDM yang ada di Satpol PP Damkar yang tergabung dalam Tim Rescue Cepat.


"Kita sudah beberapa kali mengirimkan anggota yang tergabung dalam Rescue Cepat ke Basarnas untuk mengikuti pembekalan dan pelatihan potensi. Ini diharapkan agar SDM yang ada di Padang Panjang juga bisa mempunyai nilai lebih dan bisa cepat tanggap dalam melakukan pertolongan dalam hal keselamatan masyarakat," jelasnya. (syam)