Polres Tanah Datar Gelar Vaksinasi Merdeka di Pondok Pesantren Thawalib -->

IKLAN ATAS

Polres Tanah Datar Gelar Vaksinasi Merdeka di Pondok Pesantren Thawalib

Selasa, 07 September 2021
Polres Tanah Datar Gelar Vaksinasi Merdeka, Selasa (7/9) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meninjau Vaksinasi Merdeka bersama rumah ibadah dan pondok pesantren secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarakan di seluruh Indonesia dengan total 341 titik tempat ibadah dan pondok pesantren, Selasa (7/9/21).


Dalam kesempatan ini, Kapolri menjelaskan, vaksinasi merdeka yang merangkul tokoh-tokoh agama dan santri diharapkan dapat menjadi "Getok Tular" kepada keluarga, tetangga, teman-teman, dan komunitas di lingkungannya. Sehingga masyarakat tidak ragu-ragu dalam mengikuti program vaksinasi.


"Selain itu, pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah juga bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial. Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial, termasuk dalam pencegahan penularan Covid-19," ucap Sigit.


Lebih dalam, Kapolri juga memaparkan bahwa, tingginya tingkat capaian vaksinasi merupakan modal dasar dalam hidup berdampingan dengan Covid-19, yaitu bagaimana perekonomian dapat tumbuh, namun Covid-19 tidak kembali melonjak.


"Tentunya hal ini disertai dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Dengan demikian, tujuan Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045 dapat terwujud," pungkas Kapolri Sigit. 


Sedangkan Polres Tanah Datar dibawah komando Kapolres AKBP. Rokhmad Hari Purnomo, SIK. M.Si juga melaksanakan Vaksinasi Merdeka, sesuai arahan Kapolri dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dengan sasaran pesantren, pelajar dan rumah ibadah.


"Kegiatan Vaksinasi Merdeka ini merupakan sinergi Polri dan staf khusus Presiden RI, guna tercapainya program Pemerintah dalam rangka vaksinasi warga masyarakat di segala lapisan," ujar Kapolres. 


Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka ini dipusatkan di Pesantren Thawalib Tanjung Limau, Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, peserta vaksin selain dari Santriwan dan Santriwati Pesantren Thawalib, juga diikuti oleh pelajar MAN 2 Batusangkar, MTsN 06 Batusangkar, SMP dan SMA Simabur Kecamatan Pariangan.


Guna suksesnya acara vaksinasi para siswa yang akan divaksin di jemput ke sekolah masing masing oleh mobil dari Polres Tanah Datar. Pelaksanaan vaksinasi ini ditargetkan sebanyak 500 orang pelajar, ditambah warga di sekitar Pondok Pesantren dengan menggunakan vaksin jenis sinovac, dengan vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar. 


Kasubag Humas AKP. Desfiarta menambahkan, bahwa acara Vaksinasi Merdeka yang di gelar Polres Tanah Datar melebihi target, dimana peserta yang berhasil divaksin sebanyak 514 orang, dan ini berkat kerjasama antara Polri dengan pondok pesantren, sekolah, dan masyarakat, untuk menyukseskan program Vaksinasi Merdeka ini. (fdy)