Putra Batang Kapas, Juara Pertama Ajang Pilmapres -->

IKLAN ATAS

Putra Batang Kapas, Juara Pertama Ajang Pilmapres

Minggu, 19 September 2021

 

Refa Rahmaddiansyah bersama Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Feby Rifli. (ist)


Painan - Refa Rahmaddiansyah, putra Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, meraih juara pertama dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional tahun 2021.

Ajang pemilihan mahasiswa berprestasi itu diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Sejak kegiatan tersebut diselenggarakan pada tahun 1986, baru saat ini mahasiswa Universitas Andalas bisa menjadi juara bahkan langsung juara pertama dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional," kata Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan yang juga putra Kecamatan Batang Kapas, Feby Rifli kemarin.

Feby lebih lanjut menyebutkan, perjuangan Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unand itu untuk sampai menjadi juara tidaklah mudah.

Dimulai dari seleksi tingkat fakultas, kemudian seleksi tingkat universitas, dan selanjutnya seleksi tingkat nasional. Untuk seleksi tingkat nasional harus melalui empat tahap seleksi yang sangat ketat.

"Ajang tahunan itu diikuti oleh 464 peserta yang mewakili perguruan tinggi masing-masing yang tersebar di seluruh Indonesia seperti ITB, IPB, UI, UGM dan lainnya," ungkap Feby.

Lebih lanjut dikatakan, ketua UKM Medicalstudent Research Centre (MRC) Fakultas Kedokteran Unand itu pada tahun 2020 juga mendapat medali emas dalam lomba karya ilmiah Internasional yang diadakan di Korea Selatan.

"Jika dihitung sudah banyak prestasi yang telah diukir oleh putra tunggal bapak Rizwan Fauzi dan ibu Fetriwanti tersebut, mulai tingkat sekolah, daerah, nasional dan internasional. Dengan ini saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Refa. Teruslah berjuang anak muda dan ukirlah prestasi sebanyak-banyaknya," pinta Feby.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri Zainal mengatakan, prestasi terbaik yang diraih Refa Rahmaddiansyah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Pesisir Selatan.

"Kita sangat bangga dengan prestasi yang diraih Refa Rahmaddiansyah pada ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional tersebut. Mudah- mudahan hal itu juga menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya asal Kabupaten Pesisir Selatan," harapnya.

Sementara itu, Refa Rahmaddiansyah bersyukur dengan prestasi yang diraih sebagai juara pertama pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI itu.

"Prestasi ini adalah rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga prestasi tersebut semakin memotivasi saya untuk lebih giat menimba ilmu. Saya juga menyampaikan terima kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan doa," ucapnya.

Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unand Padang itu memiliki hobby olahraga badminton, bercita-cita ingin menjadi dokter spesialis rehabilitasi medis, dan jangka panjang ingin menjadi menteri Kesehatan RI. (*)