Ramlan Resmi Jadi Ketum Himtani Sumbar -->

IKLAN ATAS

Ramlan Resmi Jadi Ketum Himtani Sumbar

Selasa, 07 September 2021
Ramlan


Padang, fajarsumbar.com - Ramlan resmi ditetapkan menjadi  Ketua Umum Himpunan Masyarakat Tani dan Nelayan Indonesia (Himtani) DPD Propinsi Sumatera Barat untuk periode 2021-2026.


Penetapan Ramlan jadi Ketum DPD Himtani Sumbar tersebut berdasarkan dengan surat keputusan DPP Himtani No 03/HIMTANI/IX/2021 Tanggal 7 September 2021.


"Amanah ini cukup berat insha Allah dalam tahap awal juga akan di lakukan komunikasi, audiensi dengan pemerintah Sumbar dan instansi terkait," ujar Ramlan kepada fajarsumbar.com, Selasa (7/9/2021).


Menurut Ramlan setelah terpilihnya dia menjadi Ketua Umum Himtani untuk periode 2021-2026 akan secepat mungkin menyusun program jangka menengah dan jangka panjang.


Untuk program jangka menengah, di antaranya, penguatan kelembagaan, pembentukan pimpinan Himtani di  12 kabupaten, 7 kota, 179 kecamatan, 230 kelurahan, dan 1.044 desa di Sumatera Barat.


Menindak lanjuti Program DPP Himtani Pemberdayaan  dan dukungan anggota Inovatif. Di antaranya, pelatihan keterampilan khusus (pertanian,perikanan perkebunan dan peternakan), permajaan dan perluasan perkebunan raknyat (P3R) -(tanaman komoditas ekspor sesuai dengan daerahnya).


Pencetakan sawah dan Perkebunan (keterlibatan Himtani) secara aktif pada program Pemerintah, peningkatan Usaha kecil dan menengah (UKM) terutama yang terkait dengan produk pertanian,peternakan dan kelautan/perikanan.


“Selanjutnya Himtani Garden,yaitu program pertanian terpadu antara tanaman makanan pokok dan perkebunan, perikanan dan peternakan dalam satu lokasi," ujarnya.


Lokasi ini juga dapat dijadikan area wisata (agrowisata). Program ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sekitarnya sekaligus mensuplay bahan pangan kepada masyarakat luas. (rel)