Relawan Sandiaga Capres 2024 Mulai Bergerak di Makassar -->

IKLAN ATAS

Relawan Sandiaga Capres 2024 Mulai Bergerak di Makassar

Jumat, 17 September 2021

Relawan Kawan Sandi (RKS) mulai bergerak mensosialisasikan Sandiaga Uno sebagai calon presiden yang potensial ke masyarakat. (ist)

Jakarta - Relawan yang menginginkan Menparekraf Sandiaga Uno menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 mulai membentuk kumpulan dengan menamakan diri sebagai Relawan Kawan Sandi (RKS).


RKS dideklarasikan di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (16/9). Perwakilan RKS, Adhi Saputra menyatakan bahwa Sandiaga merupakan sosok yang mampu menjadi presiden Indonesia berikutnya.


"Kami yakin, figur Sandiaga Uno mampu mengemban amanah dari masyarakat Indonesia," kata Adhi mengutip Antara, Jumat (17/9), sebagaimana dikutip CNNIndonesia.com.


RKS merupakan relawan lintas profesi, lintas agama, lintas generasi, dan lintas suku. Mereka berfokus memperjuangkan nasib rakyat kecil yang kesulitan akibat pandemi Covid-19 seraya memperkenalkan sosok Sandiaga Uno kepada masyarakat.


RKS mau menggalang dukungan tidak hanya didasari oleh kapasitas Sandiaga, tetapi juga merujuk pada hasil survei sejumlah lembaga beberapa waktu belakangan.


Misalnya survei Indonesia Political Opinion menempatkan nama Sandiaga masuk ke tiga besar dari 20 nama potensial jelang Pilpres 2024. Lalu dalam survei Charta Politica pada Juli lalu, Sandiaga berada di urutan kelima.


Kemudian survei Arus Survei Indonesia menempatkan Sandiaga Uno dan Erick Thohir sebagai dua menteri di kabinet Indonesia Maju pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin paling populer dan berpeluang menjadi capres pada Pemilu 2024.


"Hasil dari beberapa lembaga survei menempatkan nama Sandiaga Uno dalam lima besar kandidat berpeluang capres," kata Adhi Saputra.


Mengenai kans Sandiaga menjadi capres di Pilpres 2024, Presiden PKS Ahmad Syaikhu juga sempat menyampaikan pandangannya. Syaikhu menyebut pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai sebuah keniscayaan.


Diketahui, Anies dan Sandi pernah berduet saat mengikuti kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu dan didukung oleh PKS. Mereka mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Syliviana Murni. 


"Duet Anies-Sandi adalah sebuah keniscayaan," di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/9).(*)