SDN 34 Sungai Sariak Terus Pacu Kualitas Pendidikan -->

SDN 34 Sungai Sariak Terus Pacu Kualitas Pendidikan

Senin, 27 September 2021

Guru dan kepala SD 34 Sungai Sariak foto bersama di depan gerbang


Sungai Sariak, fajarsumbar.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 34 Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman terus bergerak untuk memacu kualitas pendidikan anak. Disamping kegiatan yang telah termaktub pada Kurikulum Sekolah, juga dilaksanakan program menyentuh jiwa peserta didik supaya terwujud anak yang berakhlak budi mulia.


Program kegiatan itu, kata Kepala SDN 34 Sungaj Sariak Hendriadi, M.Pd menjawab pertanyaan fajarsumbar.com di Sekolahnya, Senin (27/09/21), terlaksana berkat kerjasama tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan. Juga atas bimbingan dan arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pengawas yang selalu datang memberikan motivasi ke Sekolah ini. 


Kata dia, kesemua kegiatan tidak menggangu terhadap proses pembelajaran untuk sepekannya yang telah terjadwal secara ketat dibawah pantauan Kepala Sekolah. Seperti ada Upacara Bendera pada Senin pagi. Sedangkan pada hari Selasa praktek Shalat Dhuha.


Untuk hari Rabu dan Kamis, ujar Hendriadi adalah pelaksanaan muraja'ah tahfidz. Sedangkan pada hari Jum'at praktek bacaan Asmaul Husna, Dan hari Sabtu adalah kegiatan Pramuka dan PBB.


Ia menjelaskan kegiatan Tahsin kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada setiap Sabtu 11.00-12.30 WIB. Hal demikian, terselenggara selesai proses pembelajaran kepada peserta didik. Pun kesemua majelis guru dan tendik melakukan shalat Zuhur berjamaah di Sekolah kecuali hari Jum'at.


Berkenaan kegiatan Shalat Dhuha, sebut Hendriadi, para siswa melakukannya di ruangan Kelas masing masing di "pojok shalat" dibawah pengawasan Guru Kelas yang bersangkutan pada Pukul 09.10 s.d 09.30 WIB. 


Ia juga menyebutkan sampai bulan September 2021 ini bahwa telah ada anak didiknya sebanyak 3 orang per-Kelas yang hafal sebanyak 25 Surat pada Juz 'Amma.


Hendriadi merencanakan pada seluruh Kelas, dan teruntuk Kelas VI sebanyak 18 orang diharapkan hafidz 1 Juz. Jikalau sampai 31 Desember 2021 mendatang bahwa ditemukan telah ada siswa yang tercepat alias lebih duluan hafalnya 1 Juz maupun 2 Juz itu akan dibelikan sebuah sepeda. 


"Dalam suasana Upacara Bendera tadi, sebagai pemacu semangat Siswa, telah diberikan hadiah kepada 3 Siswa karena sudah hafal 25 Surat pada Juz 'Amma" ucap Hendriadi yang juga putera Marunggi Pariaman itu terbata-bata meneteskan air mata.


Ia mengakui telah melakukan Wisuda Tahfidz kepada Siswanya sebanyak 4 Angkatan sejak tahun 2017. Juga menggerakan pelaksanaan hewan Qurban yang diawali seekor kambing pada tahun 2017 lalu. Tahun 2018 ada seekor lembu, sedangkan tahun 2019, 2020 dan 2021 masing-masing 2 ekor sapi.


Dijelaskannya, juga dilakukan penyembelihan hewan Qurban Idul Adha dengan peserta dari majelis guru dan tendik serta ditambah dari orang tua murid. Sedangkan dagingnya dibagi habis kepada Siswa. Pada Idul Adha tahun 2021 ini juga dihadiri Kepala Dinas Dikbud Padang Pariaman bersama Kasi Kurikulum. 


"Alhamdulillah, kesemua program kegiatan di SDN 34 ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat melalui peran Komite Sekolah bersama Pemerintahan Nagari Balah Aie Utara" ungkap peraih Juara I Lomba Adzan antar ASN dalam rangka HUT KORPRI Padang Pariaman tahun 2018 lalu.(saco)