Masyarakat Balai Janggo Gotong Royong Bangun Mushalla -->

IKLAN ATAS

Masyarakat Balai Janggo Gotong Royong Bangun Mushalla

Rabu, 15 September 2021

 

Pembangunan Mushola Nurul Yaqin secara gotong royong, di Jorong Balai Janggo


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pembangunan Mushola Nurul Yaqin yang berada di Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, yang berbatasan langsung dengan Jorong Bukit Gombak Lima Kaum, dilakukan masyarakat dengan tradisi gotong-royong dan masih dipelihara oleh masyarakat Balai Janggo dan Bukit Gombak. 


Kebersamaan itu terlihat saat proses pembangunan Mushola Nurul Yaqin, H. Tatang bersaudara dan masyarakat yang lebih kurang berjumlah 75 orang kompak bekerja bahu membahu dalam pembangunan Mushola tersebut, sedangkan ibu-ibu menyiapkan makan dan minum yang dibawa dari rumah masing-masing. 


Salah seorang pengurus pembangunan Mushola ini Zulkifli Kacambu Alam saat ditemui fajarsumbar.com di lokasi pembangunan, Rabu (15/9/21), Mushola Nurul Yaqin ini merupakan sumbangan dari perantau yang merupakan kakak adik, dan seorang pengusaha di Lampung, yaitu H. Tatang dan Jalius (juga pemilik Wisma Hijau Daun di Pagaruyung).


"Pembangunan Mushola ini telah dimulai tahun 2019 dan telah menghabiskan anggaran sekitar 1,5 Milyar, dan diperkirakan sampai selesai pembangunan Mushola ini akan menelan biaya lebih kurang 3 Milyar," sampai Zulkifli yang juga merupakan keluarga H. Tatang. 


Dia menyebut, Mushola yang dibangun H. Tatang dan saudaranya Jalius, sudah berjalan selama dua tahun, dibangun dengan ukuran 20 m x 20 m, dan tanah merupakan milik sendiri (keluarga). Dan rencana di depan Mushola ini juga akan dibangun Pesantren Nurul Yaqin. 


Dalam pembangunan Mushola ini, diawasi dan dikelola oleh keluarga H. Tatang dan Jalius diantaranya Zulkifli Kacambu Alam, Zufrizal Sutan Marajo, Viki Eka Saputra Malin Sutan, Alizar Dubalang Sati, dan Azhar Insan Kamil Malin Sutan. (fdy)