Siswa SMAN 3 Solok Selatan Laksanakan Ujian Asesmen -->

Siswa SMAN 3 Solok Selatan Laksanakan Ujian Asesmen

Senin, 27 September 2021

Waka Kurikulum SMAN 3 Solok Selatan Yesi Purwari


Solsel, fajarsumbar.com -  Sejumlah siswa siswi SMAN 3 Solok Selatan (Solsel) hari ini, Senin (27/9/2021) melaksanakan ujian  Asesmen berbasis komputer.


Ujian Asesmen Nasional ini baru pertama kali dilaksanakan di Solok Selatan dan sekolah ini yang pertama menggelar.


Setidaknya ada sebanyak 50 orang siswa siswi yang mengikuti ujian Asesmen Nasional tahun 2021 ini


Ujian Asesmen ini bertujuan untuk menentukan mutu sekolah, dalam pelaksanaan ujian Asesmen ini tidak semua siswa yang bisa mengikutinya.


Asesmen ini bukan mata pelajaran yang diterima siswa disekolah, akan tetapi in teraksi gabungan matapelajaran dengan karakter siswa.


Demikian Wakil kurikulum SMAN 3 Solok Selatan Yesi Purwari saat diwawancarai fajarsumbar.com disekolahnya, Senin 27/9/2021, lebih jauh Waka, penentuan siswa yang ikut langsung dari Kementrian berdasarkan data dapodik, artinya tidak sekolah yang menentukan siapa siswa siswi yang akan ikut ujian.


Diantara yang lima puluh orang itu, lima diantaranya masuk dalam daftar.cadangan, jadi yang sudah ikut itu baru 45 orang.


Metode  yang diuji, itu berupa,  Survey lingkungan belajar, Survey Karakter , Literasi Numerasi," Ujian ini berlansung secara online selama dua hari dimulai dari hari ini." ucap Pak Yos.


Ditambahkan kepala sekolah Akmalu Rijal Putra yang juga merupakan salah seorang calon kepala sekolah penggerak tingkat SLTA itu. Ujian Asesmen ini ditentukan oleh Kementrian, dengan 

Kegunaan Asesmen ini adalah untuk pemetaan bagi kementrian dan kegunaan bagi kementrian dalam mencari data. 


"Hasilnya nanti akan dijadikan kebijakan oleh Kementrian pendidikan u tuk mendapatkan data," ucap Akmalu.


Akmalu berharap, untuk tahun tahun kedepan SMAN 3 Solok Selatan ini, siswanya masih bisa menerima program ini. (Abg)