Tim Kemendagri Puji Kelurahan Ganting -->

IKLAN ATAS

Tim Kemendagri Puji Kelurahan Ganting

Kamis, 02 September 2021
Tim Monitoring dan Evaluasi dari Kemendagri ketika melakukan peninjauan lapangan di Kelurahan Ganting, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Kamis (2/9).


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Tim Monitoring dan Evaluasi Kementerian Dalam Negeri terkesan serta memuji berbagai inovasi dan keunggulan Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.


Didampingi Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, dan pejabat terkait, tim berkunjung ke kelurahan tersebut, Kamis (2/9) untuk membuktikan langsung kecocokan data, setelah ditetapkan menjadi kelurahan berprestasi tingkat Sumbar.


Tim yang diketuai Kasubdit Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah I Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Andi Yuliarmiangsyah Razmi bahkan mengakui, yang disaksikan di lapangan jauh lebih berkesan dari data video maupun pendukung lain yang dilaporkan ke pusat.


"Prinsipnya sesuai. Bahkan lebih bagus dari apa yang dilaporkan, baik berupa video dan data-data lainnya yang bersifat umum. Saya sangat tertarik dengan adanya Serambi Milk, kegiatan pemberdayaan melalui kelompok wanita tani, serta Sub Terminal Agrobisnis Gantiang Maju Bersama (STA GMB). Ini sangat menarik karena bukan hanya nilai ekonomi yang didapat, tetapi kegiatan pemberdayaannya itu yang menonjol," ujarnya.


Menurutnya, belum semua desa atau kelurahan bisa seperti Kelurahan Ganting. Masyarakat di Ganting dinilai mampu memaksimalkan potensi yang ada. Lalu membentuk kelompok-kelompok usaha yang memberikan nilai tambah untuk keluarga.


"Yang menarik juga keterlibatan semua sektor, seperti pemuda, tokoh masyarakat, seperti rumah isolasi berbasis kaum bersama pemerintahnya, baik kota, kecamatan sampai ke kelurahan, bersama-sama membangun kelurahan ini," tuturnya.


Dikatakannya, tahun  ini tidak ada penilaian di tingkat regional. kebijakan Kemendagri fokus pada sejumlah program. 


"Tahun ini tidak dilombakan, namun akan ada penghargaan dari Mendagri. Penghargaan itu tidak harus tahun ini, tapi kita ada program jangka panjang. Data-data itu masih kita miliki, jadi ketika Kemendagri memiliki suatu program yang dipilih tentu kelurahan juara atau kelurahan yang memiliki potensi untuk itu," jelsnya.


Sementara Sekdako Sonny menyampaikan rasa syukur atas kesan baik Tim Kemendagri. 


"Alhamdulillah kesan yang disampaikan, ternyata setelah dilihat di lapangan jauh lebih baik dari yang dibayangkan dari profil yang dikirim melalui video. Ini suatu hal yang membanggakan dan patut untuk kita syukuri. Tentunya ini menjadi motivasi yang lebih bagi kita di Kota Padang Panjang dan terkhusus untuk Kelurahan Ganting untuk tetap menjadi terdepan dalam pemberdayaan masyarakat, kemudian peningkatan potensi kota," jelasnya.


Sonny  menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim yang memberikan masukan untuk kemajuan Kelurahan Ganting maupun Kota Padang Panjang umumnya. 


"Kita menyampaikan terima kasih kepada Tim Kemendagri atas kunjungannya. Tentu juga akan banyak manfaat yang diperoleh  termasuk  masukan tim kepada kita," katanya. (syam)