Tinggal Dua Bulan Lagi, Persiapan MTQ Terus Digenjot -->

IKLAN ATAS

Tinggal Dua Bulan Lagi, Persiapan MTQ Terus Digenjot

Rabu, 15 September 2021
Kakan Kemenag Padang Panjang, Drs. Alizar Chan dalam rapat peraiapan MTQ Sumbar, Rabu (15/9/21) di balaikota Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -
Pelaksanaan MTQ Sumbar di Padang Panjang tinggal dua bulan lagi. panitia kota terus menggenjot persiapan agar alek akbar bidang keagamaan berlangsung sukses. 


MTQ Sumbar bakal digelar 12-19 November mendatang. Rabu (15/9/21) panitia kota  kembali menggelar rapat memantapkan persiapan di balaikota.


Asisten III Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si menyampaikan, persiapan sebagian besar sudah dilaksanakan dan terus dikebut. 


“Sudah banyak kemajuan di masing-masing bidang kepanitiaan kota. 
Sejumlah tender sudah dilaksanakan. Untuk tender konsumsi akan diulang, karena ada kendala pada proses tender sebelumnya," jelasnya. 


Kepada masing-masing bidang, Martoni minta untuk selalu mengkoordinasikan perkembangan kinerja kepada pimpinan. Mengingat waktu  tinggal dua bulan lagi. 


Sesuai  arahan walikota dalam rapat evaluasi PPKM Level 3 sehari sebelumnya, pelaksanaan MTQ harus memperhatikan protokol kesehatan (prokes) yang baik. 


"Di lokasi acara  harus menghadirkan Satgas Khusus Covid-19 dan penempatan tempat sampah khusus limbah masker, juga akan disediakan yang  ditangani pihak terkait," katanya. 


Kepala Kantor Kementerian Agama Padang Panjang, Drs. Alizar Chan M.Ag menyampaikan, bidang musabaqah dan kehakiman merupakan bidang pokok dalam  MTQ. Di samping persiapan sebagai tuan rumah, hal penting yang harus diperhatikan, bagaimana Padang Panjang juga sukses dalam prestasi dan sukses juga dalam administrasinya. 


"Sukses sebagai tuan rumah akan terkait dengan prestasi. Informasi terakhir 98 % kafilah telah siap. Ada dua cabang yang saat ini dalam proses administrasi," katanya. 


Menurut Alizar Chan, pihaknya telah memantau training center kafilah Padang Panjang di Mifan. Masih ada beberapa TC pemantapan menjelang pelaksanaan nanti. 


“Mudah-mudahan pada pelaksanaan MTQ kali ini Padang Panjang bisa mengukir prestasi yang membanggakan," harapnya. 


Sementara Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, S.H,menambahkan, jumlah pemondokan yang telah terdata saat ini sudah melebihi dari target awal. Setelah melakukan survey dan verifikasi terhadap rumah-rumah untuk pemondokan kafilah kabupaten/kota, terdata 166 rumah yang terdiri dari 473 kamar dengan kapasitas untuk 1.929 orang di Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur. 


"Kecuali untuk Kota Padang dan Kota Bukittinggi, telah melakukan pembookingan hotel untuk kafilah mereka. 


Sementara kafilah Padang Panjang yang beranggotakan 130 orang, akan ditempatkan pada lima Rumah Gadang yang ada di kawasan Mifan. 


Dalam laporan masing masing bidang  kepanitiaan kota, ada beberapa hal yang diupayakan dalam  pelaksanaan MTQ ini nantinya. Pada saat penyambutan kafilah, dibatasi 20 orang saja bagi masing-masing kafilah. Saat acara pembukaan akan ada pertunjukan musik orkestra serta penampilan tari massal di atas rumput sintetis. 


Pemko Padang Panjang juga akan menyediakan stand pameran bagi produk UMKM. Penyediaan internet gratis di beberapa titik strategis dan fasilitas city tour ke beberapa tempat wisata religi, budaya dan alam, yang ada. Antara lain ke Batu Limo, Desa Wisata Kubu Gadang dan Ganting, Masjid Asasi Sigando.
(syam)