Unand Terus Berjuang Jadi Universitas Terkemuka -->

IKLAN ATAS

Unand Terus Berjuang Jadi Universitas Terkemuka

Selasa, 14 September 2021

Peringatan Dies Natalis ke-65 dan Lustrum ke-13 Unand, kemarin.


Padang, fajarsumbar.com - Mengingat perjuangan, pengorbanan, jasa-jasa para perintis pembangunan Universitas Andalas (Unand) bertekad untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu terus terpelihara. 


Generasi penerus akan bekerja dan berupaya terus untuk mewujudkan visi Universitas Andalas, menjadi Unversitas yang “Terkemuka dan Bermartabat,” sebut Rektor Unand Prof. Yuliandri. SH. MH, disela peringatan Dies Natalis ke 65 dan Lustfum ke-13 dan peluncuran status Unand menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), Senin, (13/09/2021).


Menyinggung keberhasilan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dibidang  pendidikan, menurut Prof. Yuliandri, Unand saat ini memiliki 126 program studi (91%) telah terakreditasi A dan B versi Badan Amreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan LAM-PTKES, serta Internasional yang terdiri dari 13 level doktor, 43 level magister,  47 di level sarjana, 4 di level Diploma III, 12 spesialis, dan 7 profesi. 


Jumlah mahasiswa aktif saat ini sebanyak 29.623 orang dengan penyebaran  3.799 orang di program Diploma III,  24.833 orang di program sarjana (84%), 842 orang di  program profesi (3%), 415 orang di program Sp-1 (1%), 2.082 orang di program magister (7%), dan 413 orang di program doktor (1%), ditambah dengan 105 orang mahasiswa asing  (0,4%)  yang berasal dari 16 negara.  


Dalam upaya peningkatan dan pengembangan jumlah mahasiswa di level magister, doktor, dan speisalis UNAND melakukan perubahan kebijakan dan strategi pendidikan terkait kurikulum, strategi pembelajaran, dan sistem monitoring evaluasi kemajuan studi mahasiswa.  


Selain itu, kata Yuliandri efektifitas sosialisasi prodi pascasarjana dan spesialis ditingkatkan melalui program kerjasama dengan menggandeng perguruan tinggi asuh yang sudah dan sedang dibina UNAND.


Peningkatan jumlah mahasiswa asing  dilakukan melalui program credit earning dan summer course. Salah satu upaya untuk peningkatan keterserapan lulusan maka Unand berkomitmen melaksanakan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). 


Implementasi MBKM di UNAND ini ditunjukkan dalam kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Akademik Program Sarjana yang baru diterbitkan, Peraturan Rektor tentang Pengembangan Kurikulum MBKM yang memfasilitasi mahasiswa untuk belajar di luar program studi.  


Implementasinya akan dimulai secara terstruktur pada awal tahun 2021 dengan dukungan pedoman semua bentuk pembelajaran di luar program studi. (RDz)