Wagub Audy Joinaldy Tinjau Vaksinasi di SMAN 3 Batusangkar -->

Iklan Atas

Wagub Audy Joinaldy Tinjau Vaksinasi di SMAN 3 Batusangkar

Jumat, 17 September 2021

Wagub Audy saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 3 Batusangkar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meninjau pelaksanaan gebyar vaksinasi pelajar di Tanah Datar, untuk siswa tingkat SMA dan SMK, di SMA Negeri 3 Batusangkar, Rabu (15/9). 


Kedatangan Wagub yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, disambut Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Kepala Sekolah SMAN 3 Batusangkar H. Alfion beserta seluruh majelis guru dan jajarannya.


Wagub Audy sampaikan, vaksinasi untuk siswa SMA dan SMK ini dalam rangka untuk memperlancar pembelajaran tatap muka, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat secara umum.


Wagub juga imbau bagi siswa dan orang tua wali murid serta keluarga lainnya, yang sudah berumur di atas 12 tahun dan belum divaksin, untuk segera melakukan vaksin, dan kepada para siswa juga diberikan motivasi untuk belajar dengan rajin.


 "Vaksin itu aman dan halal, supaya Covid-19 ini cepat usai, dan saya pesankan adik-adik tetap semangat dan terus belajarlah yang rajin, supaya nanti menjadi orang yang sukses dan menjadi kebanggaan keluarga," harap Audy. 


Sementara Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis sampaikan, untuk hari ini ada sebanyak 336 siswa SMAN 3 Batusangkar yang telah dilakukan pendataan untuk dilakukan vaksin, namun yang siap untuk divaksin sebanyak 284 siswa. Sisanya sekitar 42 siswa hari ini tidak bisa divaksin atau ditunda sementara karena ada yang demam atau penyakit lain.


"Untuk Tanah Datar secara keseluruhan, Dinas Kesehatan memiliki target vaksinasi sebanyak 306.326 orang dan sampai saat ini yang telah divaksin mulai dari tingkat remaja, masyarakat, pelayanan publik dan juga tenaga kesehatan," sampainya. 


Terkait dengan kecemasan yang saat ini melanda siswa dan orang tua yang anaknya akan divaksin, Yesrita katakan dengan tegas bahwa dari seluruh siswa yang telah dilakukan vaksin tidak ada keluhan yang berarti. "Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada keluhan, dan kalaupun ada mereka cuma merasakan nyeri pada bagian yang terkena jarum suntik saja, namun keluhan lainnya tidak ada, yakinlah vaksin itu aman," pesan Yesrita. 


Kepala Sekolah SMAN 3 Batusangkar H. Alfion sampaikan, dari awal pelaksanaan vaksinasi di SMAN 3 berjalan sesuai dengan rencana, dan sebelum dilakukan vaksin, siswa sudah harus mendapatkan izin dari orang tuanya secara tertulis dalam bentuk pernyataan.


"Dari 477 jumlah siswa, ada 70 siswa lebih telah melakukan vaksin secara mandiri, dan dari data terakhir yang kami kumpulkan pada hari Sabtu kemarin 300-an siswa sudah menyatakan bersedia untuk divaksin lengkap dengan surat pernyataan orang tuanya. Sisanya sekitar 100 siswa yang sebelumnya mengatakan belum bersedia untuk divaksin, namun akhirnya mereka juga bersedia divaksin," pungkas H. Alfion. (fdy/h)