Banyak Prestasi, TBM Gumala Kreatif Dapat Pujian Bunda Literasi -->

Iklan Atas

Banyak Prestasi, TBM Gumala Kreatif Dapat Pujian Bunda Literasi

Minggu, 03 Oktober 2021

  

Bunda Literasi Padang Panjang Ny. Dian Puspita Fadly ketika menghadiriPeringatan 2 Tahun TBM Gumala Kreatif, Minggu (3/10)

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Bunda Literasi Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP memuji TBM Gumala Kreatif yang banyak meraih prestasi pada usianya yang baru dua tahun. 


Pujiannya itu disampaikan saat menghadiri perayaan HUT ke-2  Taman Baca Masyarakat itu, Minggu (3/10) di Sekretariat Gumala Kreatif, Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur.


"Selamat kepada TBM Gumala Kreatif yang sudah menginjak usia dua tahun. Saya mengapresiasi pencapain prestasi yang sudah diraih Gumala Kreatif. Baru dua tahun berdiri, tetapi sudah banyak prestasi yang didapat Gumala Kreatif. Baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, maupun di tingkat provinsi,” tuturnya.


Dokter Dian juga menyampaikan, dengan perayaan ulang tahun ke-2 ini dan dengan prestasi yang sudah dicapai, bisa meningkatkan motivasi masyarakat dan penggiat literasi yang ada di Kota Padang Panjang.


“Keberadaan TBM di Kota Padang Panjang, termasuk TBM Gumala Kreatif, menjadi salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk meningkatkan literasi agar tercipta masyarakat yang literat dan berkualitas,” jelasnya.


Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Afrizal, S.Sos menyampaikan, dengan momentum ini dapat dijadikan  pengurus TBM Gumala Kreatif untuk terus meningkatkan karya kreativitas dan layanan kepada masyarakat. Dan bisa memacu tumbuh kembang dalam membaca, belajar, serta berinovasi.


“Dalam catatan kami, keberadaan Gumala Kreatif telah mampu menempatkan diri sebagai TBM penggiat literasi di kelurahan. Ini dibuktikan dengan prestasi sebagai TBM terbaik di Kota Padang Panjang, dan berhak mewakili kota dalam penilaian TBM terbaik tingkat Provinsi Sumatra Barat,” sebut Afrizal.


Ketua TBM Gumala Kreatif, Yandri Armaika, S.ST menambahkan, dengan perayaan ini bisa meningkatkan kolaborasi antarmasyarakat dan mendayagunakan sumber daya manusia (SDM) yang ada di tengah masyarakat.


‘’Kami berharap ke depannya kegiatan di TBM ini bertambah dan bervariasi seperti kegiatan seni. kami juga mengharapkan perhatian dari pemerintah untuk menjadi semangat dan motivasi bagi penggiat literasi yang ada di Padang Panjang,” katanya.


Usai sambutan dari beberapa tamu undangan, Dian berkesempatan memotong kue ulang tahun ke-2 TBM Gumala Kreatif dan ikut bermain permainan  tradisional Congklak bersama anak-anak dan penggiat literasi lainnya.


Kegiatan perayaan ini dilanjutkan dengan lomba congklak, lomba memainkan ban bekas, dan lomba orang tua bercerita. 


Turut hadir, lurah Guguk Malintang, Bunda Literasi kecamatan, Bunda Literasi kelurahan, jajaran DPK, PKK dan perwakilan penggiat dan anak-anak TBM se-Kota Padang Panjang. (syam)