Beasiswa bagi Penyandang Disabilitas -->

Iklan Atas

Beasiswa bagi Penyandang Disabilitas

Minggu, 24 Oktober 2021

 

Beasiswa bagi Penyandang Disabilitas.

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC PPDI) Kota Padang Panjang menjalin kerja sama dengan Komunitas Tabungan Sekolah (KTS) guna meningkatkan kesetaraan di bidang pendidikan bagi penyandang disabilitas. 

Salah satunya program beasiswa. 


"Dalam kegiatan kemitraan ini, kami melakukan pendataan penyandang disabilitas berprestasi yang masih bersekolah. Selain itu, kami juga mendampingi Tim KTS selama melaksanakan kegiatan pembinaan bagi penyandang disabilitas yang akan menerima program beasiswa," kata Ketua DPC PPDI, Ramadhan di Padang Panjang kemarin.


Sebagai bagian elemen masyarakat, kata Ramadhan,  penyandang disabilitas kerap merasakan ketimpangan dalam berbagai aspek pembangunan. Tidak terkecuali kesempatan untuk mengakses pendidikan yang layak. 


"Meskipun UU No 8 Tahun 2016 telah mengamanatkan hak-hak tersebut secara khusus bagi penyandang disabilitas, akan tetapi implementasinya masih belum optimal dan merata dirasakan penyandang disabilitas,” ujar Ramadhan 


 Sekretaris DPC PPDI, Muhammad Ilham, S.Ds mengungkapkan, pihaknya terus membangun akselerasi kebersamaan dengan semua pihak yang peduli dan tulus berbuat untuk meraih cita-cita kesetaraan dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas di Kota Padang Panjang. 


"Terima kasih  kepada KTS yang telah memberikan perhatian bagi penyandang disabilitas di bidang pendidikan. Alhamdulillah, hari ini  lima teman-teman kami bisa menikmati bantuan beasiswa dari KTS. Mudah-mudahan beasiswa ini bermanfaat bagi mereka dan kemitraan ini tetap berlanjut dalam mendukung kesetaraan hak penyandang disabilitas di bidang pendidikan," tutur Ilham.


Sementara Ketua KTS, Hesti mengatakan, kegiatan kemitraan ini berangkat dari kegiatan talkshow yang diselenggarakan komunitasnya pada September lalu dengan menghadirkan Ilham.


Dalam kesempatan itu, lanjut Hesti, Ilham memaparkan  pengalamannya  memperjuangkan kesetaraan hak penyandang disabilitas di Kota Padang Panjang,  salah satunya di bidang pendidikan. "Kami terpanggil untuk mengelaborasi permasalahan-permasalahan yang sejatinya bisa kami lakukan untuk mendukung perjuangan tersebut," tutur Hesti. 


KTS merupakan program pemberian bantuan beasiswa bagi masyarakat miskin berprestasi di tingkat SD, SMP dan SMA. "Program ini kita lakukan sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada negara yang telah membiayai pendidikan kami (sebelumnya) melalui program beasiswa LPDP. Program ini didukung oleh seluruh alumni dan penerima beasiswa tersebut," terang Hesti.


Program Tabungan Sekolah tidak hanya sekadar memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa saja, akan tetapi juga memberikan pendampingan dan pembinaan secara berkala dan berkelanjutan guna meningkatkan prestasi Adik Asuh yang menjadi sasaran program mereka. (syam)