Bupati Eka Putra Dapat Penghargaan Apresiasi Pembina ProKlim oleh Menteri LHK RI -->

Iklan Atas

Bupati Eka Putra Dapat Penghargaan Apresiasi Pembina ProKlim oleh Menteri LHK RI

Rabu, 20 Oktober 2021

 

Menteri LHK RI memberikan secara virtual Penghargaan Apresiasi Pembina ProKlim kepada Bupati Tanah Datar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK RI) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M. Sc memberikan penghargaan kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE yaitu Apresiasi Pembina ProKlim pada Festival Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021, penyerahan itu dilakukan secara virtual langsung dari Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (19/10/2021).


Tidak hanya itu, Kabupaten Tanah Datar juga menerima dua penghargaan lainnya yakni Trophy ProKlim Utama bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari Jorong Bodi Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung dan Sertifikat ProKlim Utama bagi KWT V3 Tani Jorong Andaleh, Nagari Andaleh Baruh Bukik, Kecamatan Sungayang.


Acara virtual ini turut dihadiri Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Kadis Pertanian Yulfiardi, Kadis Pangan dan Perikanan Hilmi, Sekretatis BPBD, Kabag Perekonomian dan SDA, Kabag Umum, Camat Sungayang dan Salimpaung serta penerima KWT dan undangan lainnya. 


Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar menyampaikan, pelaksanaan ProKlim merupakan langkah strategis untuk membangun kolaborasi berbagai pihak, dalam upaya pengendalian perubahan iklim dengan basis masyarakat, yang dilaksanakan pada berbagai lokasi.


"ProKlim tersebut merupakan contoh nyata adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, yang terus dapat memberi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta pengurangan resiko bencana iklim," ujar Siti Nurbaya. 


Ia juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat, yang telah melakukan aksi nyata dilokasi-lokasi ProKlim dan juga kepada pemerintah daerah, yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat dan juga pihak-pihak yang telah mendukung.


Sementara itu, Kadis Perkim LH Tanah Datar Ir. Dessy Trikorina selepas acara penyerahan penghargaan itu mengatakan, penghargaan skala Nasional yang diterima Bupati sudah keempat kalinya sebagai Pembina ProKlim.


Sedangkan, untuk penghargaan KWT mengalami peningkatan prestasi, dimana di tahun sebelumnya, Kabupaten Tanah Datar hanya memperoleh Sertifikat Proklim Utama, ditahun ini memperoleh Trophy Proklim Utama dan Sertifikat Proklim Utama.


"Penghargaan yang kita dapatkan hari ini, berkat adanya kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah daerah, dalam melakukan upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, dan penurunan emisi gas rumah kaca serta kerja sama semua pihak, dan Alhamdulillah 2 KWT juga menerima penghargaan di ajang ini, sangat luar biasa," ujar Dessy Trikorina.


Ia pun berharap kedepannya prestasi yang didapat tahun ini menjadi acuan untuk meningkatkan raihan prestasi ditahun mendatang, "Kita sangat optimis ditahun berikutnya ada peningkatan raihan prestasi, tidak ada yang tidak mungkin jika semua pihak bekerjasama, baik pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha dan tokoh masyarakat," pungkas Dessy. (fdy)