Diinisiasi Nurkhalis, Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 Berlangsung Meriah -->

Iklan Atas

Diinisiasi Nurkhalis, Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 Berlangsung Meriah

Sabtu, 23 Oktober 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Pemko Payakumbuh menggelar Festival Arung Jeram Batang Agam 2021.


Tampak dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Anggota DPRD Sumbar, Nurkhalis Dt. Bijo, Kadisparpora Desmon Korina, Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakhri bersama OPD terkait serta tokoh masyarakat. 


Festival yang terbuka untuk umum tersebut berlangsung selama dua hari, Sabtu 23 Oktober 2021 dan Minggu 24 Oktober 2021, tampak diikuti 10 kelompok atau komunitas arung jeram. Memanfaatkan arena sepanjang BWS, Sei Pinago - Tanjung Pauh, dan Tanjung Gadang yang terletak di kecamatan Payakumbuh Barat. 


“Wabah pandemi Covid-19 yang masih mendera semuanya sampai saat ini, membuat salah satu dari unsur yang paling utama bagi seluruhnya yakni ekonomi berada di level terendahnya,” ungkap wakil walikota Erwin Yunaz saat membuka pagelaran iven Festival Arung Jeram Batang Agam 2021, Sabtu (23/10).


Dengan telah mulai kembali menggeliatnya semu sektor meskipun masih ditengah pandemi wabah covid-19 saat ini, Erwin Yunaz berharap akan kembali membawa ke masa sebelum wabah covid-19 menjerat.


“Semoga dengan digelarnya iven arung jeram ini dapat menjadikannya salah satu program yang bisa membawa bangkitnya kembali pegelaran iven lain yang lebih besar lagi,” harapnya.


Menurut orang nomor dua di kota Payakumbuh itu, pegelaran iven seperti ini akan dapat mengangkat kembali ekonomi kawasan, terutama di kawasan pariwisata, disamping itu dengan digelarnya acara ini, akan menjadi sarana hiburan juga bagi keluarga oleh seluruh masyarakat di seputaran luak limopuluah,” ungkap Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz.


Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 tidak sendiri. Festival ini digelar atas inisiasi dari Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumbar Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo melalui anggaran Pokirnya.


Dan dalam kesempatan tersebut, Nurkhalis mengatakan saat ini olah raga arung jeram menjadi pilihan yang tepat, karena olah raga ini bukan hanya sebagai sarana olah raga hobi saja.


“akan tetapi iven ini digelar karna memang melihat saat ini peminatnya sudah mulai banyak, dan yang lebih penting lagi adalah olahraga ini juga dipertandingkan dalam iven di tingkat lokal, Nasional bahkan hingga tingkat Internasional,” tutur Dt.Bijo sapaan akrabnya.


Tidak lupa, Dt. Bijo mengungkapkan sebagai wakil rakyat, dia akan selalu menjadi penyampai aspirasi yang datang dari masyarakat. Dan dalam kesempatan kali ini, wakil rakyat ini menyampaikan jika hanya sebagai pencetus atau stimulator bagi olahraga arung jeram yang untuk nantinya tentu akan bisa ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.(Ul)