Gandeng Kemenkes RI, Anggota Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Germas Prokes -->

Gandeng Kemenkes RI, Anggota Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Germas Prokes

Sabtu, 23 Oktober 2021

 

Sosialisasi Germas Prokes dan Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI bersama Komisi IX DPR RI, di Gedung Nasional Batusangkar, Sabtu (23/10) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Syuir Syam, M.kes, MMR, dari Fraksi Gerindra bersama Kementerian Kesehatan RI menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Protokol Kesehatan (Prokes) dan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Tanah Datar, di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Sabtu (23/10/21). 


Pada kegiatan yang dihadiri sekitar 200 orang peserta yang berasal dari warga Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum dan masyarakat Tanah Datar umumnya, difokuskan pada sosialisasi Germas, Prokes dan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.


Anggota Komisi IX DPR RI, Syuir Syam sampaikan, pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat. Hal ini sejalan dengan keadaan saat ini, di mana terdapat pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat menjaga kekebalan tubuh, agar kuat dalam menghadapi ancaman virus corona ini. 


"Dalam menghadapi ancaman virus, masyarakat tidak boleh lalai dalam menjaga kesehatan, utamanya terus mengikuti anjuran dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19," kata Syuir Syam. 

 

Selain menyampaikan terkait dengan Prokes, Syuir Syam juga sampaikan terkait dengan vaksinasi Covid-19 yang merupakan program pemerintah dan harus kita dukung pelaksanaannya. Baginya vaksinasi harus tetap dilaksanakan, kalau capaian vaksinasi di Tanah Datar sampai sasaran 70%, maka bisa terlaksana Herd Immunity di Luhak Nan Tuo ini. 


"Saya harap, pemerintah daerah untuk lebih fokus dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat, nantinya pemberian vaksin ini harus merata sebagai salah satu upaya pencegahan virus Covid-19, dan kalau sudah mencapai 70% sasaran vaksinasi, maka itu akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian masyarakat," ungkap Syuir Syam. 


Syuir Syam juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut pada saat akan melakukan vaksinasi. "Kepada pemerintah Tanah Datar dalam pelaksanaan sosialisasi vaksinasi Covid-19, untuk mengikutsertakan tokoh masyarakat seperti MUI, KAN BPRN Bundo Kanduang, Pemuda dan lainnya," pungkasnya. 


Sementara Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis dalam arahannya katakan, harapan saya kepada masyarakat Tanah Datar untuk mau divaksin, jangan takut karena vaksinasi ini untuk meningkatkan imunitas tubuh kita, agar terhindar dari penyebaran Covid-19. 


"Dengan banyaknya beredar berita bohong atau hoaks di media sosial tentang vaksinasi, saya harap masyarakat jangan percaya," pesan Yesrita. (fdy)