Jadi Narasumber DiRaker IDI, Wabup Agam Ajak IDI Diskusikan Pelayanan Bidang Kesehatan -->

Jadi Narasumber DiRaker IDI, Wabup Agam Ajak IDI Diskusikan Pelayanan Bidang Kesehatan

Sabtu, 23 Oktober 2021

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, sasaran kebijakan pembangunan di bidang kesehatan dalam RPJMD 2021-2026 adalah meningkatnya pelayanan kesehatan yang berkualitas

Agam, fajarsumbar. com 
Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, mengajak Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Agam untuk berdiskusi bagaimana cara meningkatkan pelayanan dan menyelesaikan masalah bidang kesehatan ketika jadi nara sumber diRapat Kerja (Raker) Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Agam, , periode 2020-2023, di Hotel Balcone, Kecamatan Tilatang Kamang, Jumat (22/10).

Ketua pelaksana kegiatan, dr. Riko mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda lanjutan setelah dilantiknya pengurus IDI Cabang Agam, beberapa waktu lalu.

“Dengan adanya kepengurusan IDI yang baru, maka perlu dibentuknya kebijakan dan gebrakan yang baru, karena akan ada selalu perubahan kebijakan di setiap perubahan kepengurusan,” ujarnya.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk merencanakan apa saja target dan langkah-langkah yang harus dilakukan pada kepengurusan IDI periode 2020-2023.

“Sehingga kedepannya IDI Cabang Agam bisa lebih bermanfaat bagi seluruh anggota dan masyarakat Kabupaten Agam,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, menyampaikan beberapa poin terkait bidang kesehatan di Kabupaten Agam. Yaitu terkait isu dan tantangan pembangunan di bidang kesehatan, dan kebijakan di bidang kesehatan dalam RPJMD 2021-2026, serta upaya percepatan pembangunan di bidang kesehatan.

“Capaian indikator SPM kita di bidang kesehatan pada tahun 2020 masih rendah, hal ini disebabkan oleh dampak dari Covid-19,” ujarnya.

Selain itu jelasnya, kondisi sarana dan prasarana masih kurang dalam mendukung pelayanan kesehatan yang optimal.

“Oleh sebab itu, pada Raker ini, diharapkan kita dapat bersama-sama mencari solusi yang terbaik dari permasalahan dan kendala di bidang kesehatan, agar nantinya kita dapat menjadikan rumah sakit umum dan puskesmas dapat diandalkan,” harapnya.

Sementata itu tambahnya, sasaran kebijakan pembangunan di bidang kesehatan dalam RPJMD 2021-2026 adalah meningkatnya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Ini menjadi tantangan bagi semua pihak, bagaimana agar pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat dapat ditingkatkan lagi.

“Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, mari kita berdiskusi terkait bagaimana cara bisa melengkapi sarana dan prasarana, dan menyelesaikan kendala dan permasalahan yang ada, agar pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan dapat berjalan dengan baik,” ajaknya

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri , merupakan  salah satu narasumber, dengan materi peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor kesehatan.(Yanto)