Kabupaten/Kota Siap Sukseskan MTQ Sumbar di Padang Panjang -->

IKLAN ATAS

Kabupaten/Kota Siap Sukseskan MTQ Sumbar di Padang Panjang

Kamis, 07 Oktober 2021
Salah seorang utusan kabupaten/kota menyampaikan siap menyukseskan MTQ Sumbar di Padang Panjang dalam  rapat teknis, Kamis (7/10) di balaikota Padang Panjang.


Padang Panjang - Sebulan menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sumatra Barat, panitia provinsi dan panitia kota bersama utusan kabupaten/kota menggelar rapat teknis, Kamis (7/10) di balaikota Padang Panjang.  Utusan kabupaten/kota me yatakan siap untuk menyukseskan perhelatan yang akan digelar pada 12-19 November mendatang di Padang Panjang.


Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul mengatakan, MTQ ini mengusung nuansa Serambi Mekkah karena Panjang Panjang dikenal sebagai Kota Serambi Mekkah yang memiliki banyak santri.


Acara pembukaan akan berlangsung pada Sabtu (13/11) sedangkan penutupan diagendakan seminggu kemudian pada Jumat (19/11).


"Seluruh peserta yang akan mengikuti MTQ ini berjumlah 2.027 orang dari kabupaten/kota se-Sumatra Barat," katanya.


Berbagai cabang diperlombakan berdasarkan kategori batas umur. Di antaranya tilawah, qirattil Quran, tartil quran, hizfhil quran,  khattil quran, murottal qira'at, khat naskah dan lain lain.  


Akan ada 18 titik lokasi acara  yang nantinya dipandu penanggung jawab majelis masing-masing cabang perlombaan


"Kita komit pelaksanaan MTQ ini melakukan protokol kesehatan (prokes) demi menghindari terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di daerah kita," katanya.


Sementara Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumatra Barat, Drs. H. Syaifulah, MM mengatakan, seluruh pihak yang terlibat agar disiplin dalam setiap rangkaian kegiatan serta harus dikelola dengan baik.


"Secara umum kita berharap suskes dalam persiapan dan pelaksanaan nantinya. Untuk pelaksanaan, pemprov siap membantu mempromosikan, sehingga mendapat perhatian seluruh masyarakat Sumbar," katanya.


Sedangkan Ketua Harian LPTQ Sumbar, M. Ridho, Lc, MA menyampaikan, koordinasi dan komunikasi diperlukan bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaran MTQ ini. 


"Kalau seluruhnya bagus, akan dapat teratasi persoalan yang ada, seperti sarana dan prasarana," ucapnya.


Kasi MTQ Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Yusran Lubis, S.Ag menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini akan berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. 


"Kita akan mengunakan IT secara terintegrasi. Mulai dari pendaftaran sampai ke makro. Kita mengadopsi layaknya pelaksanaan nasional," jelasnya.


Panitia sudah menyiaplan link yang dapat mempermudah kafilah kabupaten/kota dalam  lomba nantinya. Tidak perlu membawa bermacam-macam berkas. Hanya perlu bawa KK dan KTP saja.

 

Sementara Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si menjelaskan, proses kedatangan kafilah akan dimulai sejak 12 November. 


"Pada acara pembukaan hanya dapat diikuti  20 orang peserta dari kabupaten/kota. Namun nanti akan menyiapkan berbagai inovasi seperti, menyiapkan siaran live streaming agar seluruh masyarakat bisa menikmat acara pembukaan melalui channel YouYube dan kanal lainnya,” jelasnya.


Kepada peserta dari kabupaten/kota, Sonny berharap agar beradaptasi dengan cuaca. Apalagi pada bulan pelaksanaan intesitas hujannya tinggi. 


Sonny menjelaskan, masing-masing kontingen  nanti akan dibantu LO dalam membantu kegiatannya. Pihaknya juga sudah menyiapkan peta lokasi lomba yang sudah terintegrasi dengan Google Map. 


"Kami juga menyiapkan fasilitas bebas parkir berupa striker khusus bagi kafilah," jelasnya. (syam)