KAN Salimpaung Akan Ikuti KAN Berprestasi Tingkat Sumbar -->

IKLAN ATAS

KAN Salimpaung Akan Ikuti KAN Berprestasi Tingkat Sumbar

Kamis, 07 Oktober 2021

 

Wabup Richi Aprian foto bersama dengan pengurus KAN Nagari Salimpaung, Kamis (7/10) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH bersilaturahmi sekaligus melakukan ramah tamah dengan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Salimpaung Sy. Dt. Maharajo Tambosa beserta pengurus, dalam rangka persiapan penilaian KAN berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Kantor Wali Nagari setempat, Kamis (7/10/21). 


Hadir juga pada kesempatan tersebut anggota DPRD Tanah Datar Dapil IV Yalpema Jurin, dan Sulva Hutri, Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, Camat Salimpaung Herru Rahcman, Wali Nagari Salimpaung Marjohan, Ketua BPRN, dan tamu undangan lainnya. 


Ketua KAN Nagari Salimpaung dikesempatan itu melaporkan, untuk persiapan penilaian sudah dilakukan secara bersama-sama dengan seluruh pengurus dan anggota serta seluruh warga dan sampai hari ini persiapan sudah 95%. 


"Kami sudah lakukan persiapan semaksimal mungkin, namun kalau masih ada yang kurang tolong disampaikan kepada kami, supaya kami persiapkan kembali," ujar Ketua KAN kepada Wabup. 


Lebih lanjut dilaporkan saat ini, KAN Salimpaung juga sudah melakukan berbagai inovasi diantaranya, pengangkatan gelar Datuak sudah harus ada ranjinya, kalau tidak maka pihak KAN tidak akan menyetujui, selain itu KAN juga telah melakukan MoU dengan pihak sekolah terkait dengan pembinaan dan pembelajaran adat bagi siswa di sekolah. 


"Bahwa beberapa waktu yang lalu pihaknya telah merencanakan untuk membangun sebuah Pesantren, bekerjasama dengan Ponpes Manahijussadat yang ada di Lebak Banten," ungkap Sy. Dt. Maharajo Tambosa. 


Sementara Wakil Bupati Richi Aprian, sampaikan kehadirannya disini tidak lain ingin menyampaikan ucapan terima kasih, karena KAN Nagari Salimpaung telah berhasil menjadi yang terbaik di Kabupaten Tanah Datar, dan sekarang mewakili Tanah Datar untuk penilaian KAN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat. 


"Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar penilaian ini bukanlah cuma KAN Salimpaung, tetapi Kabupaten Tanah Datar secara keseluruhan. Untuk itu kalau ada persoalan atau permasalahan tidak bisa diselesaikan kami siap membantu, apalagi terkait dengan rencana pembangunan Pesantren yang terletak di tanah ulayat," ujar Richi. 


Dikesempatan itu, Wabup Richi juga mengajak ketua, pengurus dan seluruh tokoh masyarakat Salimpaung untuk ikut andil dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Saat ini ada masalah lain yang menjadi momok di Tanah Datar, pertama kasus pencabulan dan juga ada kasus penyalahgunaan narkoba, yang marak terjadi terutama dikalangan remaja dan anak-anak. 


"Untuk dua kasus ini, Tanah Datar berada pada peringkat lima besar di Sumatera Barat dengan kasus tertinggi, Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo, maka dari itu kondisi ini tentu menjadi perhatian khusus. Untuk itu, kami mengajak para tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat untuk andil dalam memberantas masalah ini," ajak Wabup. 


Sementara dua orang Anggota DPRD Tanah Datar Sulva Hutri dan Yalpema Jurin, sepakat mendukung penuh rencana program yang telah dibuat oleh KAN bersama Nagari Salimpaung. Dan berharap KAN Nagari Salimpaung bisa dijadikan acuan dan contoh bagi Nagari-nagari lain di Kabupaten Tanah Datar. (fdy)