LKAAM dan KAN se-Tanah Datar Mendapatkan Pelatihan Peningkatan Wawasan Adat -->

Iklan Atas

LKAAM dan KAN se-Tanah Datar Mendapatkan Pelatihan Peningkatan Wawasan Adat

Selasa, 05 Oktober 2021

 

Bupati Eka Putra berfoto bersama dengan pengurus LKAAM dan KAN se Tanah Datar, saat membuka Pelatihan Peningkatan Wawasan Adat, di Emersia Hotel, Senin (4/10) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE mengahadiri sekaligus membuka Pelatihan Peningkatan Wawasan Adat, bagi pengurus LKAAM Kabupaten, Ketua LKAAM Kecamatan dan Ketua KAN se-Tanah Datar, di Emersia Hotel Batusangkar, Senin (4/10/21). 


Bupati dalam sambutannya sampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menaruh perhatian besar terhadap lembaga adat, budaya dan keagamaan, dimana ini menjadi salah satu Program Unggulan (Progul) yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. 


"Progul itu adalah peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM, Bundo Kanduang dan organisasi keagamaan, dimana saat ini Pemerintah Daerah bersama-sama berusaha mewujudkannya," ungkap Bupati. 


Disebutkan Bupati lagi, saat ini dampak dari perkembangan teknologi informasi dan globalisasi, dirasakan menjadi salah satu penyebab penurunan pemahaman nilai-nilai kehidupan beragama, adat dan berbudaya, khususnya di Tanah Datar. 


"Dampak itu terindikasi dengan memudarnya keimanan, ketaqwaan dan moral atau akhlak masyarakat sebagai ciri sumber daya manusia yang berkualitas, yang berimplementasi terhadap maraknya terjadi perbuatan asusila, pelanggaran norma agama dan adat di masyarakat," ujar Eka. 


Adapun penurunan atau pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat, tambah Eka Putra, secara internal ataupun eksternal disebabkan berbagai faktor, diantaranya dangkalnya penghayatan agama dan adat, kurangnya perhatian orang tua, hilangnya rasa malu, terbuka akses dari dan ke dunia luar dan lainnya. 


"Langkah kebijakan atas permasalahan itu, Pemkab Tanah Datar menempatkan dalam visi daerah yaitu terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani, yang Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah," sampai Eka. 


Bupati tambahkan lagi, tindakan itu semua akan dilaksanakan dalam bentuk menjadikan Masjid sebagai pusat aktivitas keagamaan, menjadikan Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh. "Juga kita akan menambah jam pelajaran ekstra kurikuler muatan lokal Pendidikan Agama Islam, adat dan budaya serta beberapa langkah peningkatan bidang adat budaya lainnya," pungkasnya. 


Sementara itu Kadis PMDPPKB Nofenril dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pelatihan untuk penguatan kelembagaan adat sehingga meningkat upaya pelestarian, meningkatnya pemahaman dan pengamalan nilai kehidupan beragama, adat dan budaya di tengah kehidupan masyarakat dengan hadirkan narasumber yang kompeten. 


"Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari dengan peserta kurang lebih 119 orang, dengan menghadirkan nara sumber Ketua LKAAM Sumbar, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanah Datar, Kadis PMDPPKB dan Ketua LKAAM Tanah Datar," sampainya. (fdy)