Masuk Nominasi, Posyandu Anggrek Ungu Dinilai Tim Provinsi -->

Masuk Nominasi, Posyandu Anggrek Ungu Dinilai Tim Provinsi

Rabu, 27 Oktober 2021

Tim penilai melakukan kunjungan lapangan ke Posyandu Angrek Ungu, Kelurahan Pasar Usang, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kader Posyandu Anggrek Ungu, Kelurahan Pasar Usang (Paus), Kecamatan Padang Panjang Barat dinilai Tim Kader Posyandu Berprestasi Sumatera Barat, Selasa (26/10).


Penilaian berlangsung di balaikota, dipimpin Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Bahar Mahyeldi bersama Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Amasrul, S.H, bersama rombongan. 


Harneli menyampaikan, sejak di tetapkannya Posyandu Anggrek Ungu dalam nominasi lima besar beberapa bulan lalu, hari ini tim penilai mengunjungi dan menilai semua kelengakpan.


"Penilaian ini untuk mengetahui apakah sesuai dengan yang disampaikan beberapa bulan lalu. Baik itu aktivitas kader di  posyandunya, manfaat posyandu yang dapat dinikmati masyarakat ada atau tidak, pengelolaan posyandu bagaimana dan sebagainya," katanya.


Selain itu, penilaian ini dilaksanakan guna menambah dan memberikan pengetahuan kepada para kader bagaimana pengelolaan posyandu dengan baik. Nanti para kader yang menang, akan diikutsertakan studi komperatif tingkat nasional. 


Harneli menyebutkan, dalam penilaian yang paling dilihat yaitu ekpos dari kader. Eksposnya ini harus sesuai dengan yang tampak di lapangan. "Jangan nanti diekspos ada, di lapangan tidak ada. Tentu ini mengada-ada dan akan menjadi catatan bagi dewan juri," terangnya.


Yang terpenting bukan lombanya, sebutnya, namun sasaran dari posyandu itu sendiri. Jangan hanya karena berlomba, gizi anak terpenuhi.  Setelah lomba tidak diperhatikan lagi. 


Sementara itu Wakil Walikota, Drs. Asrul menyampaikan, posyandu ini keberadaannya dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan. 


“Posyandu telah berperan penting dalam memperluas dan mendekatkan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB), serta terbukti mampu menjalankan fungsi mengendalikan pertumbuhan penduduk dan memelihara kesehatan reproduksi,” ucap Asrul.


Selain itu posyandu menjadi wadah mendorong ekonomi keluarga, dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan.


"Kami harap Posyandu Anggrek Ungu ini bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Padang Panjang untuk tingkat nasional ," harapnya.


Ketua TP-PKK Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP berharap posyandu ini bisa menjadi contoh dan mendapatkan juara pertama tingkat Sumbar.  “Padang Panjang berkomitmen untuk terus mengelola posyandu dengan baik lagi ke depannya,” sebut  Dian. (syam)