Miliki HGU 1.500 Ha PT Inang Sari Hanya Garap 500 Ha -->

Iklan Atas

Miliki HGU 1.500 Ha PT Inang Sari Hanya Garap 500 Ha

Selasa, 19 Oktober 2021

 

Kresno Dwipojono, pimpinan PT Inang Sari 

Lubuk Basung, fajarsumbar. com - PT. Inang Sari bergerak di bidang Perkebunan Coklat dan sawit berada tepatnya di Nagari Manggopoh  , Kecamatan, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatra Barat dengan luas lahan HGU 1.500 hektar (Ha)



Kresno Dwipojono, pimpinan PT Inang Sari saat ini mengatakan," Dari 1.500 Hektar lahan HGU yang ada, hanya 500  Hektar yang sudah di olah oleh pihak perusahaan, untuk  penanaman Sawit, Coklat, dan manggis. Sedang  yang sisanya sebanyak 1.000 Hektar masih belum dimanfaatkan, malahan lahan tersebut sudah ada yang digarap oleh masyarakat." Katanya. ketika ditemui  diruang kerjanya, Selasa (19/10)




Lebih lanjut Kresno Dwipojono  mengumgkapkan,  5 tahun lalu diawal bertugas di perusahaan ini, Kondisinya dari sisi bisnis jauh dari kata profit,  saat memulai  bekerja kondisi perusahan yang bergerak di bidang perkebunan Coklat dan Kelapa Sawit yang ini dalam kondisi merugi,' ungkapnya.



Tidak saja dalam kondisi merugi, tapi juga dari ancaman demo dari masyarakat. Namun semua permasalahan itu saya hadapi dengan tenang, seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah itu  akhirnya berangsur bisa diselesaikan.




Menyinggung lahan 1.000 hektar yang belum  digarap, dan didalamnya ada masyarakat yang melakukan aktivitas atau menggarap, pihak perusahaan   siap mengembalikan ke pemerintah sesuai aturan yang berlaku dan tentunya pemerintah juga harus mampu memberikan pada masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan dan utamanya masyarakat sekitar.



Saat ini dilahan  500 hektar yang sudah digarap, 150 hektar ditanami pohon kelapa sawit, Alhamdulillah telah menghasilkan untuk perusahaan.

dan 150 hektar lagi akan direplanting.



Sedangkan sisanya yang masih ditanami Coklat dan Manggis, juga akan dilakukan  penggantian tanaman yang lebih produktif, karena coklat dan manggis dari sisi usaha kurang menguntungkan." Ucapnya



Kehadiran PT. Inang Sari dengan 30  karyawannya, memberikan  dampak positif bagi lingkungan, serta kontribusi bagi masyarakat dan pemerintah daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari membayar pajak.



Menyangkut dukungan pelaksanaan dan pencegahan wabah covid -19. Perusahaan mendukung sepenuhnya. ini dibuktikan dengan telah  divaksinasi dirinya juga karyawan PT Inang Sari.Terang Kresno.(Yanto)