Panen Perdana Ikan Nila Dihadiri Bupati Eka Putra -->

Panen Perdana Ikan Nila Dihadiri Bupati Eka Putra

Sabtu, 09 Oktober 2021

 

Bupati Eka Putra saat panen ikan Nila, di
Jorong Koto Gadih Lima Kaum, Jum'at (8/10) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE menghadiri acara panen perdana Ikan Nila, yang diadakan Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Barokiah, di Jorong Koto Gadih, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Jum'at (8/10/21) sore. 


Bupati Eka dalam sambutannya katakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai perhatian yang besar dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat, salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah bidang perikanan, potensi peternakan ikan dapat berpengaruh untuk meningkatkan angka tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 


Sekarang ini peternak budidaya ikan sudah dapat menggunakan teknologi baru yang canggih dan mempermudah serta mempercepat produksi, sehingga menjadikan peningkatan pertumbuhan ikan tersebut. "Karena ikan sangat dibutuhkan untuk tubuh dan kecerdasan manusia, kita semua tahu apapun agama dan etnisnya, semua menghalalkan ikan dan mengkonsumsinya," kata Bupati.


Eka Putra tambahkan, Ikan merupakan makanan sehat dan tidak beresiko, serta mudah dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat, sehingga produksi ikan mudah dipasarkan. "Pokdakan Barokiah ini patut menjadi contoh peternak ikan lainnya di Tanah Datar, karena sudah berhasil berproduksi dengan menggunakan sistem dan teknologi yang baru, pungkas Bupati. 


Sebelumnya, Plt. Kadis Pangan dan Perikanan Ir. Hilmi, M.Si mengatakan, tujuan dari kegiatan pelaksanaan ini dalam rangka memperkenalkan tehnologi baru, kepada pembudidaya ikan agar bisa meningkatkan produksi ikan, serta menerapkan cara budidaya ikan dengan baik, diantaranya dengan memakai bibit unggul dan memberikan makanan ikan yang bermutu dan menajemen pengunaan kualitas air. 


Kadis Hilmi juga sampaikan, bantuan paket yang diberikan pemerintah khusus percontohan ikan nila yaitu, benih ikan nila sebanyak 7.000 ekor per kelompok, pakan ikan 1.700 kg per kelompok, ditambah peralatan tangguk, baskom dan ember, sedangkan untuk paket ikan lele bantuannya berupa 10.500 ekor per kelompok dan pakan ikan sebanyak 1.650 kg per kelompok, ditambah ember baskom dan tangguk.


Seterusnya Kadis Hilmi menerangkan, bahwa kegiatan ini bersumber dari DAK Bidang Kelautan dan Perikanan. "Setelah pembudidayaan selama 4 bulan untuk ikan nila dan kita ambil sampel, dalam 1 kg bisa mendapatkan 4 ekor atau seberat 250 gram per ekor, jadi kalau ini dikembangkan sangat bagus hasilnya, sedangkan untuk pemeliharaan ikan lele selama 2,5 bulan sudah ada 6 ekor per kg hasilnya," kata Ir. Hilmi.


Sebelumnya Ketua Pokdakan Barokiah Mayandra sampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati yang telah datang ke Pokdakan Barokiah, sejak adanya kelompok Pokdakan baru kali ini Bupati sempat datang. "Kami merasa tersanjung dengan kehadiran bapak Bupati Eka Putra di Pokdakan ini," sampainya. 


Ikut hadir dalam acara ini, Kadis Koperindag, Camat Lima Kaum beserta Forkopimca, Camat Rambatan, Perangkat OPD, Wali Nagari Lima Kaum, masyarakat Koto Gadih dan tamu undangan lainnya. (fdy)