Pasca Banjir, Tim Panyasak Telusuri Selokan -->

Pasca Banjir, Tim Panyasak Telusuri Selokan

Jumat, 15 Oktober 2021
Saluran air yang sering tersumbat.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Intensitas hujan cukup tinggi menyebabkan banjir di beberapa lokasi.  Atas laporan masyarakat Dinas Perkim LH Padang Panjang menyusuri drainase yang menyebabkan air meluap.


Kadis Perkim LH, Alvi Sena, MT, Kamis (14/10) menyebutkan, tim penyelamatan saluran kota atau yang dikenal dengan nama Tim Panyasak bersama BPBD Kesbangpol, Dinas Sosial PPKBPPPA dan Satpol PP Damkar  turun ke lapangan guna membantu membersihkan drainase supaya air tidak meluap lebih besar lagi.


"Terjadinya banjir di beberapa lokasi di  Padang Panjang, karena tingginya intensitas curah hujan. Saat hujan mereda, kami dan tim langsung tinjau beberapa titik lokasi air meluap. Luapan air tidak disebabkan sampah, namun karena terowongan air over kapasitas akibat air kiriman dari hulu," katanya.


Beberapa titik sudah ditentukan Perkim LH, untuk antisipasi ke depan,  Alvi bersama timnya akan usulkan untuk rehab besar terhadap terowongan air yang sudah tidak mampu menerima kiriman air dari hulu. Karena air yang datang lebih besar dari kapasitas terowongan atau selokan.


Sementara itu Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pencemaran Lingkungan, Syafriman Tahib, SP, MSi mengatakan, Tim Pinyasak dari kemarin hingga hari ini menyusuri setiap drainase yang ada di Padang Panjang.


"Jika ada yang perlu dibersihkan, langsung kami bersihkan. Namun kebanyakan saluran ini tersumbat bukan karena sampah, namun memang karena kapasitas terowongan yang kecil sehingga tidak mampu menampung air hujan yang intensitasnya tinggi," jelasnya. (syam)