Pemkab Pasbar Terima Kunjungan Kerja Deputi III Bidang Perekonomian Kepala Staf Kepresidenan -->

Iklan Atas

Pemkab Pasbar Terima Kunjungan Kerja Deputi III Bidang Perekonomian Kepala Staf Kepresidenan

Kamis, 21 Oktober 2021

 

Kunjungan Deputi III ke Pasbar. JD

Pasbar, Fajarsumbar.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan menerima kunjungan kerja Deputi III Bidang Perekonomian Kepala Staf Kepresidenan Panutan S Selendra Kusuma beserta rombongan, Kamis (21/10) di Nagari Persiapan Bunuik, Kecamatan Kinali.


Kedatangan rombongan staf kepresidenan disambut langsung Wakil Bupati Pasbar Risnawanto, Direktorat Pupuk dan Pestisida Iman Kurniawan, Pupuk Indonesia Gatot, Badan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Kementan Inang, Kabid Tanaman Pangan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Holtikultura Provinsi Yustiadi, Dinas Koperasi Provinsi Riana, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Sukarli, Kadis Koperindag dan UKM Pahrein, Kadis Ketahanan Pangan Yasri, Kadis Perkebunan Edrizal, Pupuk Petro Slamet, PIM Raya, dan stakeholder terkait lainnya.


Wakil Bupati Risnawanto dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Deputi III Bidang Perekonomian Kepala Staf Kepresidenan beserta rombongan yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pasaman Barat.


"Terimakasih kepada Bapak/Ibu atas kunjungannya ke Kabupaten Pasaman Barat ini. Kepada Bapak Panutan S. Sulendrakusuma, Bapak Bustanul Arifin, Bapak Aji Erlangga, Ibu Asmiati A. Malik, Ibu Siti Khairani Elhakim, dan Ibu Bella Scholastica", ujar Risnawanto.


Terimakasih juga lanjutnya, atas kepercayaan pemerintah pusat melalui Kementan RI untuk menyelenggarakan program prioritas nasional pengembangan padi Biofortifikasi seluas 100 Ha dan dilokasi sawah Sialang dilaksanakan oleh 5 kelompok beserta kegiatan Dam Area IP 400 seluas 50 Ha. 


Risnawanto mengatakan koorporasi petani Kecamatan Kinali masih membutuhkan pembinaan dan dukungan dari semua pihak. Koorporasi petani yang dikunjungi merupakan koorporasi petani yang tumbuh dan berkembang dari bantuan pembiayaan LKMA dengan program PUAP tahun 2010, dibantu dengan program peternakan integrasi ternak dan sawit, pembibitan ternak, LDPM, dan toko tani Indonesia.


"Dengan pembinaan, dukungan dan permodalan dari semua pihak, anggota tetap koorporasi mencapai 600 orang dengan modal mencapai 35 M".


Selain padi Biofortifikasi, dilokasi sawah Sialang juga dilakukan RJIT, optimalisasi peningkatan indeks pertanaman, IPDMIP, yang didukung oleh Kementerian PU. Wabup Risnawanto juga menyampaikan kebutuhan pupuk subsidi di Kabupaten Pasaman Barat dengan rincian Urea 19.383 ton, SP-36 4043 ton, ZA 2.798 ton, NPK 32.181 ton, dan organik 16.954 ton. 


Sementara itu, Deputi III bidang perekonomian Kantor Staff Kepresidenan Panutan Sulendrakusuma menjelaskan bahwa kunjungan KSP merupakan kunjungan yang sesuai dengan tupoksi  monitoring dan evaluasi program pemerintah. 


"Kunjungan sesuai program pemerintah dengan 4 agenda yaitu monitoring padi bio fortifikasi, korporasi petani, subsidi pupuk dan pekarangan pangan lestari", sebut Panutan.


Panutan berharap, kunjungan ini bisa menjadi upaya pemulihan ekonomi, sebagai program yang dapat mensejahterakan petani serta menjalin silaturrahmi.


Setelah itu, dilakukan juga diskusi dengan KSU Gapoktan Albasiko II di Padang Canduh, Kejorongan Bangun Rejo, Kecamatan Kinali. KSU Gapoktan yang mencoba untuk mengola SDA yang ada terutama padi. Fungsi koperasi dari pembiayaan, kebutuhan pupuk, obat-obatan dan pembagian hasil telah dilakukan. Hasil panen nantinya disalurkan kepada yang membutuhkan.


Selain itu, Ketua Koperasi Albasiko II Karno Fachrudin menjelaskan Pengurus KSU mencoba menggenjot di usaha saprodi, terutama kebutuhan pupuk. KSU Albasiko II memberlakukan subsidi silang, satu unit yang membutuhkan maka harus mengajukan modal pada pengurus. Banyaknya permintaan, nantinya pada tahun 2024 KSU Albasiko akan membuka pelayanan di Simpang Empat.


Saat ini anggota KSU berjumlah 1291 anggota yang dibagi menjadi 2, yakni 606 orang anggota tetap, dan 685 orang merupakan anggota luar biasa. Manfaatnya secara langsung bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti memperkerjakan 42 orang anak-anak yang tamat sekolah. 


Pada lokasi kunjungan terakhir yakni di Kios Tani UD Aisyah Basecamp disambut langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi. Beliau mengucapkan terimakasih atas kunjungan Deputi III Bidang Perekonomian Kepala Staf Kepresidenan Panutan S Selendra Kusuma beserta rombongan.JD