Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung Buka GSMS -->

Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung Buka GSMS

Jumat, 29 Oktober 2021

Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Usman Gumanti, S.Pd saat memberikan kata sambutan pada pembukaan cara GSMS


Sijunjung, fajarsumbar.com - Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung,  Usman Gumanti. S Pd, buka Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Balerung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung, Jumat (29/10/2021).


Kegiatan itu diikuti sebanyak 30 sekolah SD dan SMP. Dalam kesempatan tersebut Menurut Plt, Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Usman Gumanti GSMS adalah program Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk seniman memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.


Yang memberikan pembelajaran kesenian, nilai Budaya, dan/atau Objek Pemajuan Kebudayaan lainnya yang tertuang dalam Undang-undang Pemajuan Kebudayaan pada kegiatan ekstrakurikuler di SD dan SMP. 


Program GSMS ini dilaksanakan agar para peserta didik dapat menyerap secara langsung ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki seniman. Program ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan kecintaan dan wawasan yang lebih luas tentang karya seni budaya sehingga dapat memperkuat karakter para peserta didik. 


Dan Tidak kala pentingnya, kegiatan pelatihan seni ini tetap dilanjutkan oleh sekolah dan semua hasil karya seni sebanyak 30 sekolah ini untuk dijadikan aset yang bisa ditampilkan dalam berbagai kegiatan seni di kabupaten Sijunjung, seperti di RTH, Perkampungan adat dan tempat tempat lainnya, jelasnya 


Hadir dalam kesempatan tersebut selain Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Usman Gumanti S.Pd, Ketua TP PKK Ny.Riri Benny Dwifa dan Ketua GOW Sijunjung, Ny. Dona Iraddatillah, para Guru dan para seniman dan asisten seniman dan anak anak didik dari SD dan SMP. (def)