Rektor UNP Buka Workshop Inovasi Pembelajaran Exo Olo Task -->

Rektor UNP Buka Workshop Inovasi Pembelajaran Exo Olo Task

Jumat, 08 Oktober 2021

Kegiatan Workshop di UNP Hotel and Convention Air Tawar Padang.


Padang, fajarsumbar.com - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop pembelajaran, Selasa, 05/10/ 2021).


"Model pembelajaran partisipatif dan kolaboratif sangat dibutuhkan, saat ini model-model pembelajaran yang kita kembangkan terutama kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa/ peserta didik, sebut Rektor UNP Profesor Ganefri. Ph.D, dalam sambutanya pada pembukaan Workshop, Model Inovasi Pembelajaran Berbasis Model Kolaboratif dan Partisipatif, Model Unggulan LPTK UNP Mode, 


"Model pembelajaran exo olo task ini merupakan sebuah model pembelajaran partisipatif dalam bentuk case study,” ungkapnya 


Kegiatan yang digelar secara luring dan daring di UNP Hotel and Convention Air Tawar Padang, diikuti para dosen, guru, dan  mahasiswa UNP khusus tahun angkatan 2019 dengan rincian program studi, yakni (Prodi) Pendidikan Agama, Pendidikan PPKn, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Fisika. 


Kemudian dari unsur guru diikuti 18 orang guru yang mengajar dikelas 7, khususnya untuk mata pelajaran Agama, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Matematika.


Koordinator Program, Dr. Tresyalina, M.Pd dalam laporannya menyampaikan, program ini merupakan rangkaian kegiatan literasi melalui optimalisasi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 


Program tersebut merupakan kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek dengan UNP, UPI, UNIMED, UNY, UNJ, dan UNM. Program ini tentang inovasi pembelajaran berbasis model kolaboratif dan partisipastif, melalui exo olo task, sehingga metode pelaksanaannya berupa kegiatan workshop. 


Kegiatan ini bertujuan untuk terlatihnya para perserta, guru, dosen, mahasiswa dalam mengaplikasikan model pembelajaran exo olo task, tersedianya perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran exo olo task, dan tersedia video pembelajaran saat mengaplikasikan model tersebut di kelas baik disekolah maupun di kampus. 


Sementara itu, PIC Program LPTK UNP, Dr. M. Adri, M.T. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hibah revitalisasi MBKM merupakan salah satu hibah yang diberikan Kemendikbud Ristek kepada 7 LPTK sebagai penyelenggara program-progam kependidikan terbaik di Indonesia. 


“Kegiatan ini merupakan program ketiga yakni pembelajaran kolaboratif dan inovatif namun berbasis kepada model pembelajaran unggulan universitas dan UNP menetapkan model pembelajaran exo olo task yang merupakan sebuah model pembelajaran yang dikembangkan oleh tenaga dosen kita sendiri yakni Dr. Nofrion, M.Pd”, Ungkap Dr. Adri. (RDz/Humas/Unp)