Sekolah Vokasi UNP Diresmikan -->

Iklan Atas

Sekolah Vokasi UNP Diresmikan

Senin, 04 Oktober 2021

.


Padang, fajarsumbar.com  -  Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbud Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc. Ph.D. meresmikan Sekolah Vokasi Universitas Negeri Padang (UNP) pada upacara wisuda hari ketiga yang berlangsung secara luring dan daring dari Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Senin, (4/10/2021).


Dalam sambutannya Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc. Ph.D pada wisuda hari ketiga UNP  mengatakan, nilai IPK jelas penting tapi itu hanya hingga tahap wawancara di dunia kerja, tetapi selanjutnya keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh nilai-nilai karakter dan kepemimpinan seperti kejujuran dan integritas.


"Dalam dunia kerja yang nyata nanti, nilai-nilai karakter sangat penting untuk sukses di dunia kerja tersebut sehingga dalam program merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dipersilakan maksimal 3 semester di luar kampus," jelas Wikan.


Lebih lanjut Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc. Ph.D. menyampaikan, dunia saat ini telah berubah dan perlu disadari, sehingga seseorang untuk menuju sukses pada dunia kerja masa kini dan masa datang, memerlukan keahlian digital.


"Untuk kurikulum Pendidikan Vokasi harus gabungan atau kurikulum berbentuk campuran teori dan praktik yang harus dipersiapkan oleh Program Studi dan Dunia Kerja. Oleh karena itu, proyek mahasiswa dalam perkuliahan harus sejalan dan signifikan dengan kebutuhan dunia kerja," tambah Wikan.


Untuk itu kita perlu belajar dari bangsa Jepang tidak mau kalah dari bangsa lain dan hal itu sangat tergantung semangat kerja dalam bentuk nilai-nilai karakter tersebut.


Sementara itu, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan bahwa di Universitas Negeri Padang pada saat ini terdapat sebanyak 20 Program Studi Vokasi yang disatukan dalam Sekolah Vokasi yang diresmikan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi.


"Dalam perkembangan selanjutnya, Universitas Negeri Padang pada tahun 2024 akan segera membangun Kampus Sekolah Vokasi di Tarok, Kabupaten Padang Pariaman," jelas Prof. Ganefri, Ph.D. (Rdz)